RATUSAN RUMAH TERENDAM

Rohul Dikepung Banjir


Senin, 14 November 2016 - 23:36:49 WIB
Rohul Dikepung Banjir Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Rohul memicu bencana alam. Sungai Batang Lubuh meluap dan menyebabkan sebagian kawasan di Pasirpangaraian kebanjiran, Senin (14/11).

PASIRPANGARAIAN, HALUAN — Bencana banjir mengepung Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (14/11). Akibatnya ratusan rumah ma­syarakat di enam kecamatan dilaporkan terendam, seperti di Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Tandun, Kabun, Ujungbatu dan Bangun Purba.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Da­erah (BPBD) Rohul, Aceng Herdiana, mengakui banjir di Rohul di­sebabkan tingginya intensitas curah hujan sejak Minggu (13/11) sore hingga Senin pagi. Sehingga ber­dam­pak tingginya debit air, sungai besar dan sungai kecil tak dapat me­nam­pung dan meluap hingga merendam pemukiman masyarakat.

Dikatakan Aceng, dari cata­tan sementara BPBD Rohul, sekira 700 rumah masyarakat tersebar di beberapa desa di enam kecamatan terendam banjir. “Anggota masih di la­pang­an mendata rumah ma­sya­rakat yang terendam (banjir),” jelas Aceng, kemarin.

Aceng mengungkapan, se­suai data sementara BPBD Rohul, rumah warga yang teren­dam seperti empat desa di Kecamatan Rambah Samo, terdiri Desa Surau Gading, Desa Lubuk Bilang, Desa Lubuk Napal dan Desa Teluk Aur. Sedangkan di Kecamatan Ram­bah Desa Babussalam, Tulang Gajah Desa Pematang Berang­an, dan Kampung Tarondom Kelurahan Pasirpangaraian.

Camat Bangun Purba, Su­har­man mengatakan, sedikitnya tujuh rumah warga Kampung Parsipuhan Desa Bangun Purba Timur juga terendam, namun sudah berangsur surut. Kam­pung ini terendam karena be­rada di dataran rendah. Selain itu, sekitar enam hektar tana­man warga turut terendam, seperti padi, jagung dan jeruk.

Menurut masyarakat Desa Babussalam, Amri, banjir mulai merendam badan jalan dan pemukiman sejak Senin subuh, setinggi mata kaki. Kemudian sekitar pukul 07.00 WIB, air mulai naik setinggi lutut orang dewasa dan menggenangi badan Jalan Tuanku Tambusai di Simpang Supra.

Dampak tingginya banjir di Simpang Supra, kata Amri, bukan hanya bisnis masyarakat, namun ikut mengganggu arus lalu lintas dari arah Kelurahan Pasirpangaraian ke perkantoran Pemkab Rohul.

Namun demikian, beberapa mobil dan sepeda motor nekat menerobos genangan banjir. Tidak sedikit sepeda motor jenis bebek tiba-tiba mogok di tengah genangan banjir dan harus di­dorong pemiliknya. Bagi pengen­dara yang tahu jalan alternatif, mereka lebih memilih memutar lewat Jalan Lingkar, dari jembatan Batang Lubuh dua.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan kepada masyarakat yang bermukim di Daerah Aliran Sungai (DAS), untuk mengantisipasi datangnya banjir. Badan Metrologi, Kli­matologi dan Geofisika (BM­KG) termasuk Badan Penang­gu­lang­an Bencana Daerah (BP­BD) Riau pun diingatkan agar melakukan langkah antisipasi.

Menurutnya, antisipasi ter­sebut memang harus dilakukan sejak dini, sebelum banjir da­tang. Ditambah lagi dengan cuaca yang saat ini tak menentu. “Wilayah kita ini memang se­perti itu. Kalau sudah masuk musim hujan, waspada banjir harus dilakukan. Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga harus ikut dalam upaya antisi­pasi banjir,” kata Andi Rach­man, biasa disapa, Senin (14/11).

Penghubung Riau-Sumbar Longsor

Terpisah, hujan deras yang juga mengguyur di wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Minggu (13/11) malam mengakibatkan longsor di tiga titik ruas jalan lintas barat yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumbar.

Menurut kepolisian se­tem­pat, longsor melanda area KM 77, Dusun Rantau Berangin, Desa Merangin Kecamatan Kuok. Derasnya hujan di sana membuat material longsor be­rupa tanah bercampur batu serta kabel listrik PLN, menutupi badan jalan.

Akibatnya, arus lalulintas dari kedua arah sempat ter­putus. Dinas PU Provinsi pun harus menggunakan alat berat, untuk membuka jalan agar bisa dilewati kembali, dengan diban­tu pula oleh pihak kepolisian.

Lokasi longsor yang kedua melanda KM 80, Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Keca­matan Kuok. Di sini material longsor berupa bongkahan batu cadas yang berada disisi jalan, jatuh menutupi sebagian badan jalan. Namun masih bisa d­i­le­wati kendaraan dengan sistem buka tutup. Kemudian longsor melanda KM 82, Dusun Rantau Berangin Desa Merangin Keca­matan Kuok, di mana material longsor berupa tanah ber­cam­pur kayu menutupi sebagian badan jalan dan saat ini telah bisa dilalui dari kedua arah.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi melalui Kapolsek Bangkinang Barat, Iptu Wan Mantazakka mengatakan, be­be­rapa saat setelah kejadian pihak­nya langsung menghubungi dinas PU provinsi untuk segera mendatangkan alat berat berupa Loader ke lokasi.

Dengan pengamanan pe­tu­gas Kepolisian dari Polres Kampar dan Polsek Bangkinang Barat, alat berat langsung be­kerja membersihkan material longsor yang menutup bahu jalan, sehingga arus lalulintas dari kedua arah dapat kembali melewati jalan ini. Sekitar pukul 04.00 WIB, Senin (14/11) pekerjaan dihentikan sementara dan dilanjutkan pada pukul 09.30 WIB ini. (h/nas/net)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:33:53 WIB
    RAPAT PERTEMUAN DI KANTOR BUPATI TERTUTUP

    Plt Bupati Rohul Bungkam

    Plt Bupati Rohul Bungkam PASIRPANGARAIAN, HALUAN — Ratusan warga Desa Bonai, Kecamatan Darussalam, mendatangi Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Rabu (7/9). Kedatangan mereka itu untuk bertemu dengan Plt Bupati Rohul, Sukiman..
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:23:47 WIB

    30 Barak Pekerja di Rohul Ludes Terbakar

    PEKANBARU, HALUAN – Sedikitnya 30 barak pekerja terbakar di Desa Bonai, Keca­matan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, dan menga­kibatkan sekitar 2.000 jiwa mengungsi di penampungan..
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 03:08:08 WIB

    Toko Pakaian di Rohul Mulai Ramai Pengunjung

    PASIR PENGARAIAN, HALUAN — Me­ma­suki 15 hari puasa kondisi Ibukota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulul, mulai ramai pe­ngun­jung dengan memadati pusat per­belanjaan pakaian..
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:33:42 WIB
    ‘Dipaksa’ Masuk Kampar

    Warga dan DPRD Rohul Tolak Putusan MK

    ROHUL, HALUAN — Konflik sengketa perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kampar memanas. Warga mendatangi dan mengajak DPRD Rohul agar bersatu melawan putusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang meminta warga di lima de.
  • Rabu, 20 April 2016 - 02:23:15 WIB

    Bupati Rohul Batal Dilantik

    PEKANBARU, HALUAN — Rencana pe­lantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk Kabupaten Rokan Hulu dan Pelala­wan, yakni Suparman dan HM Harris, akhirnya batal dilaksanakan. Padahal, sesuai jadwal, seharusnya prosesi pel.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM