Kasus Perjalanan Fiktif DPRD Melempem


Jumat, 18 November 2016 - 00:08:04 WIB
Kasus Perjalanan Fiktif DPRD Melempem

LINGGA, HALUAN — Ormas Gema Lingga mendesak penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Daik Lingga mengusut tuntas kasus dugaan perjalanan fiktif di DPRD Lingga. Gema Lingga menilai kinerja aparat penegak hukum tersebut melem­pem.

Ketua Ormas Gema Lingga, Zuhardi mengatakan, penyelidikan dugaan kasus perjalanan fiktif anggota dewan tersebut sampai saat ini belum ada titik terang pasca pemanggilan sejumlah pejabat di Se­kterariat DPRD Lingga belum lama ini.

“Kita terus mendesak penyidik ke­jak­saan, agar kembali mengusut tuntas kasus dugaan tersebut. Katanya akan dilanjutkan, tapi sampai saat ini belum ada titik terang,” ujar Zuhardi, kemarin.

Menurut Zuhardi, selama ini lembaga penegak hukum (Jaksa,red) tersebut hanya menerima atau menampung kasus-kasus saja, tetapi tidak ada menyelesaikan kasus yang ditangani secara tuntas.

Maka kasus tersebut, menurut Zuhardi, perlu dituntaskan. Karena ada dugaan kerugian negara akibat penggunaan dana anggaran perjalanan dinas fiktif oleh sejumlah anggota di DPRD Lingga tersebut. “Makanya, ini perlu dituntaskan. Apakah Kajari lemah dan takut akan ‘harimau’,” imbuhnya.

Menurut Zuhardi, bukan hanya kasus dugaan perjalanan fiktif yang harus dituntaskan, namun juga kasus BUMD dan KONI Lingga yang sampai saat ini masih jalan di tempat. “Kita minta aparat penegak hukum betul-betul menegakkan hukum di negeri Lingga ini,” ujarnya.

Sebagaimana catatan Haluan Kepri, pada pertengahan September 2016 lalu, diketahui sejumlah pejabat di Sekretariat DPRD Lingga masih ada yang menjalani pemeriksaan terkait kasus penggunaan anggaran perjalanan dinas fiktif di bagian penyidik kejaksaan. 

Seperti diketahui, atas kasus dugaan penggunaan dana perjalanan fiktif dinas di DPRD Kabupaten Lingga tersebut, se­jumlah pejabat di jajaran Sekertariat DPRD Lingga telah memenuhi pangilan Kejari Lingga.

Pemanggilan sejumlah pejabat tersebut untuk dimintai keterangan tentang aliran dana perjalanan dinas yang saat ini kasusnya sedang tangani penyidik Kejari Lingga. “Usut tuntas. Jangan pengusutan dugan kasus korupsi di negeri ini ‘tumpul di atas, tajam ke bawah’,” ungkapnya. (h/hk)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]