PENGAMBILAN API DI PARIANGAN

Besok, Porprov XIV Ditabuh


Jumat, 18 November 2016 - 00:54:42 WIB
Besok, Porprov XIV Ditabuh WAKIL Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan langsung api Porprov kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HALUAN—Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XIV ditabuh besok, Sabtu (19/11) di Kota Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan didahului prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Pa­ria­ngan, Kabupaten Tanah Datar,  Kamis (17/11).

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan langsung api Porprov kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah. Sebelumnya api diambil dari sumber api abadi di nagari yang dinobatkan sebagai kampung terindah di dunia tersebut.

Pengambilan api dari sum­bernya dilakukan walinagari bersama tokoh adat setempat. Lalu disulut pada tiga obor yang telah disediakan. Api untuk Porprov disulutkan oleh Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Ta­r­mizi dari salah satu obor dan diserahkan kepada Wagub Sum­bar.

Selanjutnya, api Porprov diserahkan kepada Walikota Padang. Oleh Walikota Padang diserahkan pula kepada Qori Mita Kurnia (pesilat peraih emas pada PON XIX ) selaku atlet pembawa api.

Menurut Wagub Nasrul Abit, prosesi ini sebagai suatu gambaran semangat sportivitas yang dibangun menjadi tradisi dalam setiap pelaksanaan Por­prov di Sumatera Barat.

“Pengambilan api Porprov sudah menjadi tradisi yang selalu kita pelihara sebagai suatu simbol keseriusan kita bersama dalam pesta olahraga,” katanya.

Nasrul Abit berharap, Por­prov XIV di Kota Padang berja­lan dengan baik dan melahirkan atlet-atlet terbaik yang akan bertanding pada PON XX di Papua nanti. Karena pilihan atlet akan lebih selektif dan tentu yang terbaik.

“Diharapkan ajang ini men­ja­di seleksi atlet yang diper­siapkan untuk PON mendatang. Karena dilaksanakan di Papua,  kita mengirim atlet lebih se­lektif,” sebutnya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, api Porprov dari Pariangan akan langsung dibawa ke Padang setelah singgah di Indo Jali­to, Batu Sangkar. Api Porprov nantinya dibawa ke Balaikota dan disambut Wakil Walikota Padang H. Emzalmi.

“Keesokannya, Sabtu (19/11) petang, api akan diarak ke arena pembukaan Por­prov, GOR H. Agus Salim,” katanya.

Menurut Mahyeldi, api Por­prov simbol semangat para atlet dalam menghadapi pertan­dingan. Semangat tersebut harus tetap hidup sehingga mencapai yang terbaik di ajang Porprov.

Disamping itu, selaku tuan rumah pihaknya bertekat pelak­sanaan Porprov ini adalah yang terbaik. Diwujudkan dengan pelayanan yang baik terhadap tamu dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Selaku tuan rumah, kami akan melaksanakannya dengan baik. Memberikan pelayanan kepada kontingen, para atlet dan juga menjunjung sportivitas,” katanya. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:48:16 WIB

    Jumat Besok, Taspen Cabang Padang Cairkan THR Pensiunan Rp132 Miliar

    Jumat Besok, Taspen Cabang Padang Cairkan THR Pensiunan Rp132 Miliar HarianHaluan.com - Kabar terbaru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2020 akan dila.
  • Rabu, 22 April 2020 - 21:06:44 WIB

    Besok, Jamaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa

    Besok, Jamaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ratusan jemaah Naqsabandiyah di Kota Padang mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah pada Kamis (23/4/2020). Pada Rabu (22/4/2020) malam, mereka pun sudah mulai menggelar salat Tarawih.
  • Rabu, 08 November 2017 - 01:07:53 WIB
    PASAR BELIMBING SELESAI SATU BLOK

    Besok, Ditempati 94 Pedagang

    Besok, Ditempati 94 Pedagang PADANG, HALUAN - Sebanyak 94 pedagang di Pasar Belimbing diloting, Selasa (7/11). Loting tersebut khusus untuk pedagang yang ditempatkan pada bangunan yang telah selesai dibuat satu blok..
  • Ahad, 09 Juli 2017 - 18:32:11 WIB

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik PADANG, HALUAN -- Hari ini Senin (10/7), Ketua DPRD Kota Padang yang baru Elly Thrisyanti bakal dilantik menggantikan Ketua DPRD Kota Padang yang lama Erisman dalam Sidang Paripurna Istimewa..
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:30:05 WIB
    JELANG ALIH STATUS JADI UIN

    Besok, IAIN IB Dikunjungi Tim Setneg

    Besok, IAIN IB Dikunjungi Tim Setneg PADANG, HALUAN — Menjelang alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), tim visitasi dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) RI dan Kabiro Ortala Kemenag RI .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]