Rumah Makan Bajamba, Hadir Ramaikan Wisata Kuliner Sumbar


Ahad, 20 November 2016 - 22:31:33 WIB
Rumah Makan Bajamba, Hadir Ramaikan Wisata Kuliner Sumbar Rumah Makan Bajamba.

Pecinta kuliner di wilayah kota Bukittinggi semakin dimanjakan oleh kehadiran Rumah Makan (RM) Bajamba. Rumah Makan yang menawarkan konsep masakan khas Minang tersebut baru diresmikan pada, Senin (14/11) kemarin.

Peresmian RM Bajamba yang terletak di Jalan By Pass Pulai Anak Air ini, dihadiri oleh banyak tamu dan un­dangan dari instansi peme­rintahan, swasta, BUMN/BUMD, jajaran kepolisian, dan masyarakat. Dalam pe­resmian tersebut tamu dan undangan yang datang di­gratiskan untuk makan.

Baca Juga : Kenaikan Tarif PPN: Kontradiksi Opsi di Tengah Pandemi

Pemilik RM Bajamba, Zulhendrif Avicenna Roe­sad Bandaro La­biah, me­nga­takan, peres­mian yang di­lakukan se­bagai bentuk acara syukuran dengan te­lah dibukanya rumah ma­kan yang me­ngang­kat tra­disi Minang dalam bentuk kuliner dan makanan.

Nama RM Bajamba ini dimaksudkan untuk meng­gali, melestarikan, dan me­ngem­bangkan, budaya tra­disi Minang dalam bentuk kuliner dan makanan. Di­mana prosesi hidangan ma­kan yang disajikan tidak saja dalam bentuk hidangan biasa tapi juga dilakukan dalam bentuk bajamba.

Baca Juga : Profesi Pelayanan Publik, Harus Jadi 'Role Model' Pelaksanaan Protokol Kesehatan

“Jika ada tamu ataupun pengunjung yang datang minta dihidangkan dalam bentuk bajamba, maka pi­hak rumah makan akan me­nyediakannya termasuk de­ngan tukang pasam­ba­han. Karna untuk fasilitas makan bajamba ini telah disediakan tempat makan bajamba de­ngan kapasitas 40 orang,” kata Bandaro Labiah.

Adapun menu spesifik di RM Bajamba ini, itiak lado hijau (lado mudo), ikan baka, ikan gulai, anyang gajeboh, dendeng bakar, acar timun dan anyang sayur. RM Bajamba yang mampu menampung 300 orang ini dilengkapi dengan fasilitas lahan par­kir yang luas, Wifi, kamar mandi, tempat iba­dah, mini market dan Resto yang menyediakan menu nu­santara, china, dan eropa.

Untuk harga terang Ban­daro Labiah, juga cukup terjangkau dan  tidak me­nguras kantong atau ‘main pakuak’ seperti yang di­khawatirkan selama ini. Se­bab semua harga menu ma­ka­nan di RM Bajamba sudah disediakan daftar harganya (price list).

Insyaallah, kita akan memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi pengunjung yang makan. Begitu juga dengan harga makanan dan minuman yang disajikan yang harganya sangat terjangkau oleh ma­syarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, RM Bajamba juga melayani pe­mesanan nasi kotak/catering untuk pesta, ulang tahun, rapat, dan acara syukuran, serta sarapan pagi seperti nasi  uduk dan nasi goreng. Saat ini rumah makan yang dikelolanya itu juga ada di Bogor dan Cipinong.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Bukittingi yang di­wakili oleh anggota DPRD, Deddy Moeis, mengaku, masakan yang disajikan RM Bajamba sangat menggugah selera dan enak dilidah, karena menu dan sambal makanan yang disajikan bernuansa khas Minang.

Ia juga merasa bangga dengan kehadiran RM Ba­jam­ba, karena pemilik mau menanamkan investasinya di Bukittinggi berupa wisata kuliner rumah makan. Me­nu­rutnya, orang datang ke Bukittinggi itu untuk wisata alam dan wisata kulinernya

“Untuk itu kita meng­harapkan kepada pengelola rumah makan untuk dapat memberikan pelayanannya semaksimal mungkin. Se­kaligus dapat mem­per­ha­tikan tarif harga yang jelas dan transparan. Karna kita tidak mengiginkan adanya rumah makan yang me­ne­tapkan tarif seenaknya saja,” sebut Deddy Moeis. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]