Masih Soal Moral Anggota Dewan


Rabu, 23 November 2016 - 00:56:17 WIB

Sejak sebulan belakangan ini, cerita soal moralitas Anggota Dewan yang Ter­hormat, seakan tak putus-putusnya. Belum tuntas pemeriksaan terkait peredaran video dugaan nyabu dua anggota DPRD Padang Pariaman yang sempat jadi viral di media sosial, muncul lagi kasus-kasus seputar moralitas anggota dewan lainnya secara beruntun.

Sepekan ini saja, prilaku buruk anggota dewan di empat daerah di Sumbar seakan sengaja dipertontonkan ke publik dan kembali jadi viral di medsos. Berbagai gunjingan dan caci maki terhadap para wakil rakyat, seakan jadi ‘sarapan pagi’ masyarakat di warung-warung kopi bahkan oleh pegawai kantoran. Tersita pula waktu kerja mereka, hanya untuk membicarakan perangai para anggota dewan tersebut.

Berawal tertangkapnya Ketua DPRD Sijunjung yang sedang berduaan di kamar bersama istri sopirnya, merupakan kasus yang paling menghebohkan dan memalukan dalam pekan ini. Betapa tidak, Ketua DPRD yang terhormat ditangkap massa sedang berbuat asusila dengan istri sopirnya, kemana muka mau disembunyikan. Wajar, desakan warga dan mahasiswa agar sang ketua dipecat saja dari ketua dan anggota dewan, mengalir cukup deras.

Belum reda gunjingan itu, pecah lagi gunjingan baru, masih soal anggota dewan. Dua anggota DPRD di Kota Serambi Me­kah Padang Panjang, terlibat adu jotos saat Sidang Paripurna sedang berlangsung di gedung wakil rakyat itu. Terganga saja Wakil Walikota dan para petinggi orga­nisasi yang diundang menghadiri paripurna penetapan KUA-PPAS, melihat kedua anggota dewan itu saling kejar dan saling tinju. Sungguh pemadangan sangat terhor­mat di gedung rakyat.

Kehebatan wakil rakyat juga diperlihat oleh seorang anggota dewan di Kabupaten Pesisir Selatan. Seorang wali nagari di tonjok mukanya hingga lebam-lebam. Kasusnya kini sedang ditangani oleh kepolisian setempat.

Sudah selesaikah cerita soal prilaku bu­ruk anggota dewan itu? Ternyata belum. Pa­da Senin (21/11) malam, dua anggota DPRD Pa­saman Barat, ditangkap Direktorat Re­serse Narkoba Polda Sumbar di kamar hotel ber­bintang di Padang. Entah dalam rangka ke­giatan apa pula keduanya di Padang. Tapi yang jelas, di Sumbar saat ini sedang ber­langsung pesta olahraga provinsi yang di­ikuti oleh seluruh kabupaten kota di Sum­bar.

Tapi, kedua anggota dewan ini bukannya memberi support atau mengunjungi atlet daerah mereka yang hanya tidur beralaskan tikar di sekolah-sekolah, tapi malah enak-enakan sambil nyabu di kamar hotel.

Besok-besok, entah cerita buruk apa lagi yang disuguhkan para wakil rakyat itu ter­hadap rakyat yang memilihnya. Dan jangan marah pula, bila tak dipilih lagi. Dan jangan marah pula bila ada aktivis yang bersorak, bubarkan saja DPRD, hanya menghabiskan uang Negara, sementara hasilnya tak ada.

Benarkah demikian? Betulkah wakil rakyat tak dibutuhkan? No comment lah. Toh saat pemilu, mereka dipilih juga. Uang mereka diterima juga tanpa ada pertim­bangan moralitas mereka.  Entahlah. ***


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 22:51:30 WIB

    'Ratik Tagak' Tradisi Adat Sikaladi yang Masih Terjaga

    'Ratik Tagak' Tradisi Adat Sikaladi yang Masih Terjaga HARIANHALUAN.COM-Unik dan sudah ratusan tahun turun-temurun,  itulah cara dan tradisi yang dilaksanakan masyarakat Jorong Sikaladi Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dalam menyambut '.
  • Rabu, 02 Januari 2019 - 10:42:29 WIB

    Melintasi Zaman, Lesung Kincir Air itu Masih Hasilkan Tepung

    Melintasi Zaman, Lesung Kincir Air itu Masih Hasilkan Tepung Sore kian merapat saat waktu di pergelangan tangan telah menunjukkan pukul 16.30 WIB. Sementara Uus (50), masih tekun menumbuk beras bakal tepung beras, menggunakan lesung kincir air di kawasan Pila Tarok Pasar Ambacang, Keca.
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 16:29:23 WIB

    Kondisi Pengikisan Pantai di Padang Masih Normal

    Kondisi Pengikisan Pantai di Padang Masih Normal PADANG, HALUAN -- Kepala Damkar dan BPBD Pemko Padang, Dedi Henidal mengatakan kondisi pengikisan pantai di Kota Padang masih dalam tahap normal dan belum mengkhawatirkan. Namun, ancaman abrasi pantai akan selalu ada karena i.
  • Senin, 25 Januari 2016 - 03:43:26 WIB

    Wahana Permainan Masih Bertahan

    Wahana Permainan Masih Bertahan PADANG, HALUAN — Din­da (6) dan Farel (6) terlihat girang saat mengendarai bat­tery car, meskipun cuma mo­bil-mobilan, mereka tetap bangga sudah bisa mengen­darai mobil seperti biasa dilakoni orang dewasa..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM