SMAN 1 Harau Ciptakan Siswa Jadi Wirausahawan


Senin, 28 November 2016 - 01:05:51 WIB
SMAN 1 Harau Ciptakan Siswa Jadi Wirausahawan KEPALA SMAN 1 Harau Afrizal serta pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota usai pembukaan bazar. (DADANG)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Sulitnya lapangan kerja saat ini dan semakin tingginya tantangan hidup , terutama bagi generasi muda tamatan sekolah. Kondisi itu mendorong SMAN 1 Harau mendidik siswa-siswi untuk membuka lapangan kerja sendiri. Dari usia dini, sekolah rujukan Kabupaten Limapuluh Kota itu mulai mengajarkan anak didiknya untuk mampu berwisarausaha sendiri tanpa harus ketergantungan dengan orang lain.

“Dari sekarang, harus mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Tak hanya bagi SMK saja melainkan untuk SMA juga. Sehingga, setelah tamat nantinya, anak didik tidak galau lagi mau kemana. Mereka bisa membuka usaha sendiri,” terang Afrizal, Kepala SMAN 1 Harau pada Sabtu (26/11) kemarin saat pem­bukaan Bazar dan Pameran Proses Kewirausahaan SMAN 1 Harau.

Tujuan untuk jadi wira­usahawan, terang Afrizal, teru­tama bagi anak didik yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. “Nilai-nilai wirausa­hawan harus diajarkan ke anak didik,” katanya lagi.  

Bazar dan Pameran Proses Kewirausahaan SMAN 1 Ha­rau yang digelar sekolah itu, menampilkan hasil karya siswa-siswi yang tergolong sederhana dan memiliki nilai jual.

Seperti kerajinan dari ba­rang bekas, kerajinan anyaman dari bambu,  souvenir dan gantungan kunci dari barang bahan sekitar lingkungan ru­mah hingga makanan tradisi dari berbagai bahan yang mudah didapat. “Ada makanan olahan dari jagung, umbi, kelapa dan makanan sederhana lainnya. Semuanya itu memiliki nilai jual ditengah-tengah masyarakat,” ucap Afrizal.

Katanya, ada 32 stand dalam Bazar dan Pameran Proses Kewirausahaan SMAN 1 Harau. Semuanya menam­pilkan hasil karya anak-anak setiap kelas. Bazar dan Pame­ran Proses Kewirausahaan SMAN 1 Harau itu, turut ditin­jua oleh Dandim 0306 Lima­puluh Kota Letkol Heri Su­mitro serta Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lima­puluh Kota Indra Wati.

Selain itu, Bazar dan Pa­me­­ran Proses Kewirausahaan SMAN 1 Harau juga dira­maikan oleh kepala SMA dan SMK se-Kabupaten Lima­puluh Kota. Dandim 0306 Limapuluh Kota Letkol Heri Sumitro tergugah oleh upaya SMAN 1 Harau untuk menciptakan anak didik sebagai wirausahawan.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lima­puluh Kota Indra Wati meng­a­takan, upaya yang dilakukan SMAN 1 Harau merupakan satu dari 8 program standar nasional yang harus dilakukan sekolah rujukan.

“Berwirausaha ini program standar nasional sekolah rujukan. Karena itu perlu kita dukung untuk memantapkan anak didik di sekolah rujukan Kabupaten Limapuluh Kota ini,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lima­puluh Kota, Indra Wati. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 22:13:30 WIB

    Turis China Sudah Dipulangkan, Ombudsman Minta Pemerintah Sumbar Tetap Waspada

    Turis China Sudah Dipulangkan, Ombudsman Minta Pemerintah Sumbar Tetap Waspada PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rombongan turis asal Kumning, China yang berlibur di Sumbar telah dipulangkan ke negara mereka. Kendati demikian, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumbar, Yefri Heriani meminta pemerintah daerah teta.
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 18:33:10 WIB

    PT Taspen Gelar  BUMN Mengajar di SMAN 2 Bukittinggi

    PT Taspen Gelar  BUMN Mengajar di SMAN 2 Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - PT Taspen (Persero) menggelar program BUMN mengajar  di SMAN 2 Bukittinggi, Jumat (13/12). Dalam kegiatan itu, Direktur Operasional PT Taspen Ermanza, memberikan motivasi kepada ratusan siswa.
  • Rabu, 27 November 2019 - 15:44:44 WIB

    Drama Pamalayu Karya Guru SMAN 1 Kotsal Tampil Memukau

    Drama Pamalayu Karya Guru SMAN 1 Kotsal Tampil Memukau PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Setelah Launching Festival Famalayu 22 Agustus 2019 yang lalu di Museum Nasional Jakarta, tampaknya terselenggaranya Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya nan dijuluki Ranah Cati Nan Tig.
  • Kamis, 12 September 2019 - 22:28:21 WIB

    Dijamu Bupati Agam, Alumni SMAN 1 Landbouw/Bukittinggi Helat Reuni Gadang

    Dijamu Bupati Agam, Alumni SMAN 1 Landbouw/Bukittinggi Helat Reuni Gadang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Alumni SMAN 1  Landbouw/ Bukittinggi  menggelar Reuni Gadang 2019 Ikatan Alumni SMA 1 (IASMA) Landbouw/Bukittinggi, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 1 Bukittinggi yang ke-60..
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 16:10:20 WIB

    PT Transco Pratama Sungai Betung Salurkan CSR untuk SMAN 1 Koto Baru

    PT Transco Pratama Sungai Betung Salurkan CSR untuk SMAN 1 Koto Baru DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Koto Baru, mendapat kucuran dana Coorporate Social Responsibility (CSR), dari PT Transco Pratama Sungai Betung, Selasa (12/08)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM