MAJUKAN PERTANIAN

Wali Nagari Limau Gadang Bagikan Pupuk dan Bibit


Rabu, 30 November 2016 - 00:59:11 WIB
Wali Nagari Limau Gadang Bagikan Pupuk dan Bibit Walinagari Limau Gadang, kecamatan IV Jurai Nasrul Dt Rajo Bagindo menyerakan bantuan pupuk padi kepada para petani di nagari Limau Gadang. (M JONI)

PAINAN,HALUAN — Dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kenagarian Limau Gadang, kecamatan IV Jurai, pemerintahan nagari memberikan bantuan pupuk tanaman untuk 350 Kepala Keluarga ( KK). Sebelumnya juga telah didistribusikan bantuan bibit padi jenis 42 sebanyak 1500 kg dan bibit Manggis unggul kepada masyarakat melalui dana desa 2016.

Walinagari Limau Gadang Nasrul Dt Rajo Bagindo me­nga­takan, bantuan pupuk ter­sebut dimaksud untuk meme­nuhi kebutuhan tanaman agar tumbuh subur dan hasil pro­duksi meningkat. Pupuk itu terdiri dari

urea sebanyak 3.800 kg dan pupuk organik sebanyak 8.000 kg. “Segala bantuan tersebut berdasarkan keinginan masya­rakat yang mayoritas penda­patan mereka berasal dari hasil produksi pertanian dan sektor perkebunan,” jelas kepada Haluan, Senin lalu.

Dengan adanya bantuan ter­sebut, setidaknya dapat membantu meringankan beban masyarakat, terutama bagi me­re­ka yang tergolong kurang mampu dan sulit bagi mereka dalam pengadaan dan penge­lolaan lahan pertanian.

Menurut Walinagari,  untuk menghindari serangan hama, ma­ka masyarakat sepakat mela­ku­kan pola tanam serentak da­lam satu hamparan dengan sis­tim tanam jajar legowo. Hal ini keberhasilan para petani sangat ditentukan dari usaha yang dilakukan, terutama da­lam masalah pengarapan lahan dan pengelolaan serta keber­si­han lahan agar tidak mudah ter­serang hama perusak tana­man.

Dikatakan, bila pematang sawah dan lingkungan tidak terawat atau kurang bersih tentu hama tikus akan mudah bersarang dan berkembang biak, kondisi tersebut dapat merugikan para petani.

Bantuan bibit padi maupun pupuk tanaman serta obat-obatan tersebut, kata Wali­nagari, dimaksudkan untuk memotivasi para petani agar lebih giat berusaha dalam me­wu­judkan kesejahteraan ke­luarga, hasil produksi padi yang memadai jelas akan dapat mengatasi segala kesulitan masyarakat serta membebaskan masyarakat dari kemiskinan. “Keberhasilan yang dicapai tentu menuntut kerjakeras dan usaha didalam pemeliharaan dan pengarapan lahan secara maksimal,” jelasnya.

Menurut Nasrul, bagi ma­sya­rakat yang bergerak dalam sektor perkebunan, sebe­lumnya ju­ga diberikan bantuan bibit tanaman Manggis sebagai ko­mo­dity unggulan nagari. Tu­juan­nya, agar masyarakat bisa me­mafaatkan lahan yang ada bi­sa berproduktif. “Tanaman manggis merupakan tanaman tua, pemeliharanya mudah dan hasil produksinya juga me­ngem­birakan,” ujarnya.

Sementara itu, seorang petani warga Limau Gadang Asniwati ( 53) mengakui, kepe­dulian pemerintah nagari terha­dap masyarakat cukup tinggi. “Berbagai pembangunan fisik maupun non fisik terus digala­kan, guna menumbuhkan pere­ko­no­mian masyarakat agar seja­jar dengan nagari yang sudah maju. Apalagi majunya nagari menuntut kebersamaan mem­bangunan ditengah masya­rakat,” katanya.

Terpisah, Camat IV Jurai Pes­sel Salman Alfarisi meng­akui, kenagarian Limau Ga­dang meru­pakan salah satu da­e­rah subur dan potensil untuk ber­bagai jenis tanaman yang meng­hasil­kan. “Bila potensi sum­ber daya alam ini bisa di­mam­faatkan dan dikelola de­ngan baik, jelas akan mem­beri­kan imbas terhadap per­tum­bua­han perekonomian ma­sya­rakat,” jelasnya.

Camat berharap kepada masyarakat jangan membiarkan lahan terlantar atau tidak ber­pro­duktif. Karena kondisi tersebut akan dapat merugikan petani, pemerintah dan pem­bangunan daerah. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM