SOAL PENYALAHGUNAAN NARKOBA

BNNP Sumbar Terima 138 Laporan


Jumat, 02 Desember 2016 - 00:52:12 WIB

PADANG, HALUAN — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat menyatakan sejak Januari hingga November 2016 sudah ada 138 orang yang melapor kepada pihaknya karena melakukan penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNNP M. Ali Azhar mengatakan, apabila seseorang yang melakukan penyalah­gu­naan narkoba melapor kepada BNN, maka ia tidak akan ditin­dak melalui proses hukum. Namun akan dilakukan reha­bilitasi untuk proses penyem­buhan.

“Semua yang melapor kepa­da kita, tidak akan ditindak melalui hukum, tapi akan dila­kukan rehabilitasi untuk pe­nyembuhan,” kata Kepala BNNP Sumbar saat di konfirmasi Ha­luan.

Untuk itu pihaknya meng­imbau kepada masyarakat, agar selalu melaporkan segala tinda­kan berbau narkoba, terlebih penggunanya yang meng­kon­sum­si narkotika agar langsung melaporkan diri.

“Untuk itu saya himbau bagi masyarakat yang menggunakan narkoba silahkan melapor kepada BNNP Sumbar untuk dilakukan rehabilitasi,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan, apabila seseorang melakukan penyalahgunaan narkotika, tetapi tidak melapor kepada pihaknya dan tertangkap. Maka akan langsung diproses secara hukum.

“Kita tidak akan melakukan rehabilitasi saja namun dia harus diproses secara aturan hukum, dan untuk pengawasan akan terus ditingkatkan, “terangnya.

Ali Azhar mengungkapkan dalam melakukan penindakan pihaknya tidak akan melakukan tebang pilih. Ketika seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba dan terbukti akan ditindak tegas.

 Dalam penindakan tersebut pihaknya akan selalu menjalin koordinasi denga Direktorat Narkoba Polda Sumbar untuk menghabiskan jaringan narkoba di wilayah hukum Polda Su­matera Barat.

Ditambahkannya, untuk bisa menghilangkan jaringan narkoba di Sumatera Barat tentu membutuhkan seluruh lembagai maupun lapisan masyarakat dalam memberantasnya. Karena laporan berupa informasi dari masyarakat tentang adanya bau-bau narkoba di sekitar ling­kungannya tinggal, juga sangat memberi dampak dan manfaat yang lebih, supaya narkoba tidak lagi berkembang drastis di Sumbar. (h/mg-ina)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 11:30:35 WIB

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba PADANG, HARIANHALUAN.COM--Karena ingin menyelamatkan anak-anak bangsa ini dari pengaruh narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, memberikan pelatihan kepada para pecandu narkotika untuk bisa melakukan hal yan.
  • Kamis, 13 September 2018 - 21:54:08 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi PADANG, HARIANHALUAN.COM- -Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, menggelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis (13/9)..
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:32:00 WIB

    Kanwil Kemenkum-BNNP Sepakat Perangi Narkoba di Lapas Sumbar

    PADANG, HALUAN — Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum dan HAM) Sum­bar memberikan kewe­na­ngan penuh kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar untuk mem­bersihkan Lembaga Pe­mas­ya.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:54:38 WIB
    Pemberantasan Narkoba

    DPRD Provinsi Dukung Penuh BNNP Sumbar

    DPRD Provinsi Dukung Penuh BNNP Sumbar PADANG, HALUAN – DPRD Provinsi Sumbar menyampaikan komitmennya untuk memprioritaskan persetujuan anggaran bagi kegiatan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Sumatera Barat. Sejauh ini, DPRD Sumbar menilai b.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]