GENJOT MINAT PENELITIAN

UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar


Selasa, 06 Desember 2016 - 01:28:21 WIB

PADANG, HALUAN — Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian.

Rektor UNP, Ganefri, mengungkapkan, anggaran penelitian 15 persen atau sekitar Rp26,5—Rp30 miliar itu diambil dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) UNP. Sebelumnya anggaran penelitian di UNP hanya sekitar 3—4 persen.

“Ini kita lakukan untuk meningkatkan kualitas dosen. Semua dosen mesti aktif meneliti agar apa yang di­sam­pai­kannya saat proses pem­belajaran adalah penemuan-penemuan terbaru. Jadi, do­sen tidak lagi mengajar hanya berdasarkan buku teks,” ujar Ganefri kepada Haluan, Se­nin (5/12).

Menurut Ganefri, dosen merupakan investasi jangka panjang Perguruan Tinggi (PT). Kualitas lulusan sangat dipengaruhi oleh kualitas dosennya. Maka hal utama yang diperlukan untuk me­ning­katkan kualitas lulusan adalah meningkatkan kualitas dosen.

Jumlah dosen UNP yang aktif meneliti, kata mantan Koordinator Kopertis Wila­yah X ini baru mencapai angka 50 persen. Meski de­mi­kian, dengan mengusung misi menjadi universitas berbasis riset dalam beberapa tahun ke depan, angka ter­sebut akan ditingkatkan men­jadi 100 persen.

“Mudah-mudahan de­ngan meningkatnya anggaran penelitian, seluruh dosen UNP aktif meneliti. Pe­neliti­an juga merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi. Dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga mela­kukan penelitian dan pe­ngem­bangan, serta mengab­dikan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat,” kata Ganefri.

Meningkatnya dana pe­ne­litian ini disambut baik oleh dosen UNP. Utami Dewi Pramesti misalnya. Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini bersyukur de­ng­an kebijakan ini. Me­nurut­nya langkah itu bisa me­nam­bah motivasi para dosen agar lebih giat melakukan pe­nelitian.

“Sebenarnya sudah men­jadi kewajiban dosen mela­kukan penelitian, meskipun tidak ada penambahan dana penelitian. Namun, ini men­jadi tambahan motivasi bagi para dosen. Kesempatan untuk melakukan penelitian dengan cakupan yang lebih luas juga semakin besar. Kalau dananya kecil, kadang tidak sesuai dengan rencana,” ujar Utami. (h/mg-sas)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:56:11 WIB

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan 50 buku program rekonstruksi bahan ajar. Dimana 44 buku yang dibertikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan enam lainnya dibiayai UNP..
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
    PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

    Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. K.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:49:57 WIB

    Kuliah Umum Arcandra di Unand dan UNP: ‘Aturan Bikin Investor Angkat Kaki’

    Kuliah Umum Arcandra di Unand dan UNP: ‘Aturan Bikin Investor Angkat Kaki’ PADANG, HALUAN — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dr Arcandra Tahar menyoroti lemahnya iklim investasi bidang energi di Indonesia. Menurutnya aturan yang ada di peme­rintahan saat ini membuat para invest.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]