Pemko Batam Hentikan Tiga Proyek Pembangunan


Kamis, 08 Desember 2016 - 01:04:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam menghentikan tiga proyek pembangunan oleh pihak swasta yang dianggap berpotensi menyebabkan banjir, setelah serangkaian evaluasi yang dilakukan tim khusus.

Kepala Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah, Dendi Purnomo menyatakan pengerjaan Pollux Habibie di Batam Kota, pembangunan di Marina City Tanjung Uncang dan di Tanjungriau dihentikan sementara sampai pengembang menyelesaikan syarat yang diajukan.

Untuk pengerjaan Pollux Habibie, Pemkot memberikan syarat pengembang harus mem­bangun kolam penampung lintasan banjir, sebelum pe­ngerjaan bangunan gedungnya dilanjutkan.”Prinsipnya, boleh jalan asal diselesaikan dulu kolam penampung lintasan banjir. Selesaikan kolam pe­ngendapannya sampai beres,” kata dia, Rabu (7/12).

Pemko sudah memperhi­tungkan debit kolam yang dibu­tuhkan agar daerah itu terhindar dari banjir. Menurut Dendi, Pollux Habibie tengah menger­jakan kolam itu. Kemudian, untuk proyek di Marina City, pemerintah memberi syarat pengerjaan dapat dilakukan bila saluran air telah diselesaikan. pemerintah memberikan waktu tiga bulan kepada perusahaan untuk menyelesaikannya.

“Karena yang ditimbun rawa dengan elevasi rendah. Semua izin penimbunan bakau dihentikan dulu, sampai peren­canaan drainase selesai,” kata dia.

Pemerintah akan memfa­silitasi agar Badan Pengusahaan Batam sebagai pemegang hak alokasi lahan di kawasan itu menyiapkan ruang untuk pem­bangunan drainase. Sedangkan pembangunan drainase akan dibicarakan selanjutnya, apakah menjadi tanggung jawab pemerintah atau swasta.

Sama dengan di Marina City Tanjunguncang, pemerintah juga meminta pembangunan di Tanjungriau dihentikan sampai ada drainase demi menghindari banjir.”Di daerah Tanjungriau meski PL sudah ada karena penyempitan maka pem­bangunan dihentikan sampai masalah drainase selesai, juga termasuk dimensi daya dukung daerah serapan air,” kata Dendi.

Sebelumnya, Pemkot Batam menghentikan 12 pengerjaan pemotongan lahan karena di­ang­gap mengganggu lingku­ngan dan berpotensi menye­babkan banjir. Sebanyak 12 kegiatan pemotongan lahan yang dihentikan yaitu yang dikerjakan oleh PT City Pro­perty di Tanjungpinggir Sekupang, PT Menara Anugrah Aditama di Telaga Punggur, PT Darma Tunggal Usaha, PT Maulana Putra Catur di Patam dan PT Batam Steel di Tan­junguncang.

Kemudian Lindung Alam Batam di Sagulung, PT Jutam Ready Mix di Bengkong, PT Pendawa Sukses di Tanjung­piayu, PT MUlya Realty Batindo di Batu Besar, PT Kopkar di Glory Point Tiban, PT Sijorat Arta Sukses di Tiban dan PT Silma Suntur Agung di Nagoya Hill. (h/ant)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 September 2017 - 02:01:20 WIB

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun…

    Pemko Pekanbaru Sudah Raih Investasi Rp4,2 Triliun… PEKANBARU, HALUAN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan investasi sebesar Rp4,7 triliun sepanjang 2017. Hingga pada triwulan ketiga 2017 ini, investasi s.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:10:36 WIB

    Pemko Pekanbaru Belum Lunasi Tunggakan PJU

    Pekanbaru, Haluan — PT PLN (Persero) memutuskan jaringan listrik lampu jalan di Kota Pekanbaru akibat peme­rin­tah daerah setempat belum me­lu­nasi tunggakan penerangan jalan umum atau PJU, yang sudah jatuh tempo sesuai.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:11:22 WIB

    Pemko Batam Pastikan Proyek Jalan 2016 Selesai

    Batam, Haluan — Peme­rintah Kota (Pemko) Batam Kepulauan Riau memastikan seluruh proyek jalan dengan sum­ber pembiayaan dari APBD 2016 telah selesai sesuai dengan target. Selanjutnya, pemerintah tinggal menyelesaikan pem.
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:38:45 WIB

    Pemko Batam Akan Lantik 400 Pejabat

    Batam, Haluan—Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan melantik lebih dari 400 pejabat berbagai eselon di akhir tahun, demi memastikan semua bekerja sesuai Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru..
  • Senin, 19 Desember 2016 - 01:16:59 WIB

    Akhir Desember Pemko Pekanbaru Lakukan Mutasi

    Pekanbaru, Haluan — Ba­dan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru akan meminta restu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan mutasi akhir Desember ini. Pihak BKD menjadwalkan, dalam waktu dekat ini akan m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM