Guru Besar Unand Dikukuhkan


Jumat, 09 Desember 2016 - 01:08:13 WIB
Guru Besar Unand Dikukuhkan KETUA Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Dr. Darwin Amir S. Ps memberikan penghargaan kepada Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH, Kamis (8/12) di Covention Hall, Kampus Unand Limau Manis. (RINA SYAFITRI)

PADANG, HALUAN — Pengukuhan guru besar Universitas Andalas Padang kepada Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH, Kamis (8/12) diwarnai keharuan. Pasalnya, rasa bangga dan keharuan yang dirasakan oleh  Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH dalam pencapaian prestasinya di dunia pendidikan membuatnya tidak dapat menahan airmata.

 Ratusan  undangan yang menghadiri acara pengukuhan guru besar Universitas Andalas terhadap Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH menyaksikan betapa bangga dan bahagianya ia saat dikukuhkan menjadi guru besar di Fakultas Hukum.

 Dalam pidatonya saat acara pengukuhan,Ismansyah me­ngatakan, baginya suatu yang istimewa dikukuhkan sebagai guru besar di bidang hukum. Pengukuhan tersebut tentunya akan menjadi gerbang peruba­han untuk bisa lebih baik lagi.

Dikesempatan itu, Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH juga me­ma­parkan hasil karya ilmiahnya yang berjudul Permasalahan Hukum Pidana dalam Pengem­bangan Ilmu Hukum di Indo­nesia, “Pentingnya reformasi hukum pidana terkait dengan penegakkan hukum.”

Dikatakannya, dalam pan­da­ngan realisme hukum tidak selalu sebagai perintah dari penguasa negara, sebab hukum dalam perkembangannya selalu dipengaruhi oleh berbagai hal. Pada hakikatnya hukum me­rupakan salah satu produk manusia dalam membangun  dunianya, yang bisa dicermati atau di telaah melalui interaksi yang berlangsung di masya­rakat. Dalam artian, hukum dilahirkan untuk menjamin kepentingan dan hak-hak ma­nusia itu sendiri.

 Sehingga reformasi hukum sangat berpengaruh penting terhadap penegakkan hukum itu sendiri, karena hal itu akan mampu menciptakan tegaknya supremasi hukum dalam mas­yarakat. melalui tegaknya supre­masi hukum, maka hukum akan benar-benar berfungsi sebagai rambu-rambu dan sekaligus pedoman bagi semua pihak, baik penyelenggara negara dan pemerintahan, penegak hukum, pelaku usaha dan masyarakat umum dalam kehidupan ber­mas­yarakat, berbangsa dan bernegara.

 Sementara Ketua majelis guru besar Universitas Andalas Prof. Dr. Darwin Amir S.Ps mengatakan, Ide reformasi hukum yang dilontarkan oleh Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH adalah pemikiran akademisi yang muncul dari Universitas Andalas.

Berbicara tentang reformasi supaya mencapai tujuannya secara teoritisimplementasinya memerlukan peng-organisasian dan kemauan politik yang kuat dan terkendali, sosialisasi yang berkesinambungan, peren­ca­naan dalam tahapannya serta pengawalan untuk mencapai tujuan reformasi itu sendiri.

Pihaknya berharap  Prof. Dr. Ismansyah, SH. MH ilmu yang dikuasainya mampu mem­beri manfaat bagi masyarakat. Karena guru besar tidak hanya bertanggung jawab pada instan­sinya saja, tapi juga bisa mem­berikan manfaat untuk mas­yarakat.

Selain itu, prestasi yang di­miliki tersebut harus mampu memberi sumbangan untuk me­me­cahkan permasalahan yang terjadi pada bangsa demi terwu­jud­nya kejayaan bangsa itu sendiri.

Lebih lanjut Rektor Univer­sitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni SE. MBA yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Dachrayanus A, Pt mengucap­kan selamat kepada Prof. Dr. Ismansyah SH, MH atas prestasi yang dicapainya sehingga dapat menerima jabatan sebagai guru besar yang sesuai bidangnya di Universitas Andalas, (h/mg-ina)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 November 2018 - 09:36:02 WIB

    Banjir di Padang Diduga Karena Gurun Kudu Ditutup

    Banjir di Padang Diduga Karena Gurun Kudu Ditutup PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar segera menindaklanjuti soal penutupan Daerah Aliran Sungai (DAS) Gurun Kudu, Padang yang diduga sebagai salah satu penyebab meluapnya aliran Sungai Bar.
  • Rabu, 14 November 2018 - 22:38:02 WIB

    Pengurusan KTP-el Masih Berbelit

    Pengurusan KTP-el Masih Berbelit PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Silfeni memastikan saat ini di setiap kecamatan di Kota Padang masih mempunyai blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Terakhi.
  • Rabu, 25 Juli 2018 - 10:59:06 WIB

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kabar beredar dugaan pungutan liar (pungli) dalam pengurusan KTP Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, dibantah keras oleh Wedistar, kepala organisas.
  • Kamis, 05 April 2018 - 09:08:47 WIB

    DPRD Padang: Tertibkan Angkutan Online Kalau Tak Mengurus Izin

    DPRD Padang: Tertibkan Angkutan Online Kalau Tak Mengurus Izin PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota agar menertibkan angkutan online yang saat ini beroperasi di Kota Padang..
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:35:45 WIB

    Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan

    Pengurus FKSB Padang Dikukuhkan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan kepengurusan Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang masa bakti 2018-2023 di Palanta Rumah Dinas Walikota, Minggu kemarin..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM