Produk Usaha Didorong Jadi Sumber Ekonomi Keluarga


Kamis, 15 Desember 2016 - 00:56:05 WIB
Produk Usaha Didorong  Jadi Sumber Ekonomi Keluarga

PAINAN, HALUAN—Masyarakat pelaku usaha ekonomi kreatif Pesisir Selatan (Pessel) mendapatkan pembinaan dan pelatihan oleh pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas Parawisata, Pemuda olahara ga, Budaya dan ekonomi kreatif Pessel. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua  TP Penggerak  PKK Pessel, Lisda Hendrajoni, yang diwakili Vera Kornita di Hotel Anardio, Painan, Rabu (14/12).

Menurut Vera Kornita, upaya untuk mendukung para pelaku usaha  agar produksi yang diha­silkan mendapatkan  pemasaran yang baik serta dapat diandalkan  sebagai sumber ekonomi keluarga, harus ada wadah yang mem­fasilitasi usaha kecil melalui Dekranasda Pessel. Selain itu,  para pelaku usaha perlu diberikan perbekalan oleh dinas terkait dan akan selalu menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga : Kinerja Perekonomian Maret 2021 Terus Melanjutkan Tren Positif

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 30 orang. Mere­ka mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan usaha yang baik, yakni usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha  memiliki nilai tinggi dengan penampilan beda serta diminati oleh kon­sumen.

“Pengetahuan tentang penge­lolaan usaha yang baik perlu diberikan karena salah satu kemajuan usaha membutuhkan kiat untuk memperbaiki usaha tersebut agar produksi usaha betul-betul diminati oleh masya­rakat,” ujar Hirdamli, salah seo­rang narasumber pelatihan terse­but.

Baca Juga : Harga Bawang Putih dan Merah Naik di Pasar Raya Padang, Cabai Turun

Sementara itu, Ketua IPEMI Sumbar, Lisda Hendrajoni, me­ngajak para pelaku usaha industri rumahan di Pessel untuk mencip­takan usaha agar memiliki pros­pek yang cerah, yakni pro­duksi  hasil usaha  dapat dian dalkan sebagai sumber penda patan keluarga  dan akan terus berkem bang serta  selalu menjadi kebutu han masyarakat. Hal itu perlu dilakukan karena Pessel merupa kan daerah wisata  yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kare­na itu, produksi usaha tersebut mampu mendapatkan pasar yang layak diminati oleh konsumen.

Para peserta mendapat pem­binaan dan perbekalan tentang  berbagai pengetahuan dalam memajukan usaha  berlangsung selama 2 hari. Narasumber yang memberikan materi pada kegiatan itu, yaitu Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan olahraga Ekonomi Kreatif Pessel Zefnihan, Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif, Ketua IPEMI Provinsi Sumbar, Lisda Hendrajoni. (h/mjn)

Baca Juga : REC, Menjaga Bumi Sekaligus Berbagi dengan Sesama

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]