Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional


Kamis, 15 Desember 2016 - 01:02:31 WIB
Tiga Sekolah  di Padang Raih Adiwiyata  Nasional KEPALA Sekolah; Raudah (SDN 08 Surau Gadang Nanggalo, Padang), Mardawati (SMPN 31 Padang), Suherman (SMAN 14 Padang) beberapa staf dari diknas dan Bappedalda Kota Padang. (YANUAR ENDRA)

JAKARTA, HALUAN — Sebanyak  860 sekolah mulai dari tingkat SD hingga SLTA se Indonesia masuk dalam daftar penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hu­tanan (KLHK),  untuk kemudian diberikan Peng­hargaan Adiwiyata 2016 Tingkat Nasional.  Terpilih sebanyak 489 sekolah yang layak diberikan penghargaan, termasuk 18 sekolah indah dan cinta lingkungan hidup di Sumatera Barat.  3 sekolah diantaranya berasal dari kota Padang; SDN 08 Surau Ga­dang Nanggalo, SMPN 31 dan SMAN 14 Padang.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Ling­kungan Hidup dan Ke­hu­ta­nan (LHK), Siti Nurbaya, di Gedung KLHK, Jakarta, Selasa (13/12). Kegiatan ini merupakan bagian dari rang­kaian peringatan hari cinta puspa satwa nasional, dengan melibatkan sekolah-sekolah yang berkomitmen penuh atas pelaksanaan empat ke­bi­ja­kan sekolah; kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif dan sarana, prasarana pen­du­kung pendidikan lingkungan.

Menteri Siti Nurbaya, mengatakan, Indonesia sudah sepakat untuk ikut dalam pengendalian perubahan ik­lim, yang unsur-unsurnya sudah melekat dalam k­e­hi­dupan sehari-hari. Mendidik peduli lingkungan menjadi bagian penting bagi pen­didikan karakter bangsa dan karakter anak-anak bangsa. “Adiwiyata mendidik ge­ne­rasi lingkungan yang berjiwa bertanggung jawab, melekat dan berinternalisasi rasa cinta lingkungan, dan atensi serta tanggung jawab pada ling­kungan,” jelasnya.

Malamnya, rombongan Kepala Sekolah penerima peng­hargaan Adiwiyata Ting­kat Nasional ini memenuhi un­dang­an perantau kota Pa­dang di sebuah restoran d kawasan Matraman, Jakarta Timur. Hadir ketiga Kepala Sekolah; Raudah (SDN 08 Surau Ga­dang Nanggalo, Padang), Mar­dawati (SMPN 31 Padang), Suherman (SM­A­N 14 Padang) beberapa staf dari diknas dan Bappedalda Kota Padang. Mereka di­sam­but oleh Sekretais Umum Badan Koordinator Ikatan Keluaga Kota (Bako-IKK) Padang, Kristian.

Mewakili rombongan, Ke­p­sek SMPN 31 Padang, Madawati, menjelaskan, se­kol­ah-sekolah di kota Padang berusaha memajukan pen­di­dikan, mengajak siswa cinta lingkungan, penanganan dan pengelolaan sampah yang baik seta menjauhi  rokok dan narkoba. “Itu, kalo tim pe­ni­lai menemukan satu puntung rokok saja di lingkungan se­kolah, maka sekolah kami langsung gugur sebagai pe­ne­rima penghargaan. Jadi, se­kolah harus bebas rokok dan narkoba, lingkungan sekolah harus bersih, hingga ke ja­ja­nan makanan anak-anakpun harus terjamin sehat, tidak memakai pengawet dan pem­bun­g­kus plastik” terang Mardawati.

 Sekretaris Umum Bako IKK Padang, Kristian, me­nga­presiasi dan memberi ucapan selamat atas prestasi membanggakan dari 3 se­ko­lah di kota Padang ini. Ia berharap semakin banyak sekolah-sekolah berprestasi di Kota Padang dikemudian hari, sehingga  Indeks Pem­bang­unan Manusia (IPM) di Kota Padang semakin me­ning­kat. “Saat ini, Indeks Pembangunan Manusia Kota Padang sekitar 85,6 %. Ini sudah lumayan bagus, kalo bisa lebih meningkat lagi. Kami sebagai perantau be­r­te­rima kasih, atas upaya keras yang telah bapak ibu lakukan, untuk memajukan pen­didi­kan di kota Padang, juga menciptakan generasi muda kita yang cerdas, cinta ling­kung­an dan bebas narkoba,” ujar Kristian. 

Penghargaan Adiwiyata Nasional 2016 diberikan me­lalui seleksi administrasi, pe­nilaian dokumen dan ve­ri­fikasi lapangan yang dimulai pada bulan Agustus hingga bulan November 2016, de­ng­an meli­batkan berbagai in­stitusi lingk­ungan pada tingkat kabu­pa­ten, kota dan provinsi. (h/ye)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]