Pemprov Minta Grand Design Lembah Harau


Jumat, 16 Desember 2016 - 01:07:36 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai melakukan pengembangan terha­dap detinasi wisata di daerah. Salah satu kawasan wisata yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata Sumatera Barat adalah Lembah Harau, di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. 

“Pada penganggaran (APBD) Sum­bar 2017, berdasarkan informasi dari Wakil Gubernur Nasrul Abit di Padang, sudah dianggarkan buat pengembangan destinasi wisata, salah satunya Harau. Beliau meminta pemkab dapat segera membuatkan laporan dan grand design, pengembangan pariwisata ini,” ungkap Wabup Ferizal Ridwan, Kamis (15/12).   Dikatakannya, rencana Pem prov untuk mengembangkan destinasi wisata di daerah, khususnya Lembah Harau dan Kelok Sembilan, menjadi program pembangunan provinsi ke depan. Rencana ini, sejalan dengan visi-misi kepala daerah yang juga sudah diru muskan ke dalam Rencana Pembangu­nan Jangka Menengah (RPJM) Lima­puluh Kota 2016-2021. 

Wagub Sumbar, kata Ferizal, juga meminta kepala daerah untuk mengin­truksikan kepada jajaran SKPD, agar segera mempersiapkan rancangan dan laporan terkait program pengembangan kawasan pariwisata. Laporan itu men­cakup, status kawasan, infrastuktur, pa­yung hukum (Perbup) atau Perda, terma­­suk rencana pembangunan (grand design). 

Selain itu, mempersiapkan tenaga dan anggaran pendamping pada SKPD terkait. Dukungan masyarakat Limapu luh Kota, dalam memenangkan kompeti si destinasi wisata halal dunia sehingga Sumatera Barat terpilih sebagai salah satu pemenang ajang WHTA 2016, selayaknya diiringi dengan program pembahahan kawasan wisata halal. 

Mulai dari lokasi dan infrastuktur pariwisatanya yang harus dirancang sesuai standar kehalalan, misalnya kebersihan, fasilitas, makanan dan tempat ibadahnya. “Seyogianya, rencana pengembangan destinasi wisata Harau ini kita jadikan semangat gerakan bersama, sebagaimana tagline yang terus kita suarakan ke ruang pubik, yakni ‘Harau Menuju Dunia’,” tutur Ferizal Ridwan. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 23:37:24 WIB

    Potensi Lonjakan ODP, Pemprov Sumbar Siapkan Sejumlah Lokasi Karantina

    Potensi Lonjakan ODP, Pemprov Sumbar Siapkan Sejumlah Lokasi Karantina PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengunjungi tempat karantina untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) di beberapa UPTD, asrama dan Badan Diklat di Kota .
  • Kamis, 02 April 2020 - 12:44:49 WIB

    Ribuan Alat Rapid Test Diterima Pemprov Sumbar

    Ribuan Alat Rapid Test Diterima Pemprov Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar sudah menerima sebanyak 4.800 alat rapid test yang dikirimkan pemerintah untuk mendeteksi secara cepat apakah seseorang terpapar virus korona (Covid-19) atau tidak..
  • Rabu, 01 April 2020 - 22:53:17 WIB

    Harganas Batal di Sumbar karena Corona, Ini Tanggapan Pemprov

    Harganas Batal di Sumbar karena Corona, Ini Tanggapan Pemprov PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak (Harganas-Han)dibatalkan di tengah kekhawatiran penyebaran virus Corona atau Covid-19. Bedan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) merilis pembat.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 23:32:30 WIB

    Cegah Corona Meluas, Pemprov Sumbar Batasi Akses Masuk

    Cegah Corona Meluas, Pemprov Sumbar Batasi Akses Masuk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dengan semakin meluasnya penyebaran Corona Wnus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumbar. Teranyar berdasarkan data https//corona.sumbarprov.go.id Sabtu, (28/3/2020) pukul 17.00 WIB, jumlah Orang.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 22:12:49 WIB

    Pemprov Sumbar Butuh Tenaga Medis Tangani Corona, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

    Pemprov Sumbar Butuh Tenaga Medis Tangani Corona, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pasien positif virus Corona atau Covid-19 terus meningkat di Indonesia. Hal ini membutuhkan penanganan dari tenaga medis. Bahkan banyak tenaga medis yang kini diperlukan di berbagai rumah sakit di .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM