KELUARGA MISKIN MENINGKAT

Penerima PHK Bertambah 6.915 Orang


Selasa, 20 Desember 2016 - 00:31:12 WIB

PADANG, HALUAN—Peri­ode 2016, jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bertambah 6.915 orang dari tahun 2015 lalu yang hanya 5.073 penerima sehingga totalnya menjadi 11.9­88 penerima pada 2016.

“Hal ini menunjukkan ada­nya penambahan keluarga mis­kin di Kota Padang, Sumatera Barat. PKH merupakan bantuan tunai bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin,” kata Koordinator PKH Kota Padang, Ardhi Arizal Fahmi pada Ha­luan, Senin (19/12).

Ardhi mengatakan, tahun 2015 jumlah penerima PKH sebesar 5.073 orang. Jika dito­talkan, jumlah penerima PKH secara keseluruhan yang terdata oleh Dinas Sosial Kota Padang sebanyak 11.988 orang.

Keseluruhan penerima PKH tersebut harus memenuhi salah satu syarat yang telah dite­tapkan, diantaranya ibu hamil, anak usia 0 -  6 tahun, anak di bawah usia 21 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan wa­jib belajar 12 tahun (SD-SMA), dan disabilitas berat usia 0 - 21 tahun, serta lansia (lajut usia).

“Syarat penerima PKH un­tuk ibu hamil ialah dengan rutin melakukan  pemeriksaan keha­milan, balita rutin melakukan posyandu, dan anak-anak sekolah minimal kehadirah harus 90 persen, artinya ke­hadiran di sekolah harus diutamakan,” ucapnya.

Lanjutnya, masing-masing penerima PKH mendapatkan jumlah bantuan tunai yang berbeda. Untuk  siswa SD mendapat bantuan Rp500 ribu, SMP Rp750 ribu, dan siswa SMA mendapat sebesar Rp1 juta per tahun.

Sedangkan untuk ibu hamil dan balita mendapat bantuan sebesar Rp1.200.000 per tahun. Keseluruhan bantuan tersebut diberikan kepada keluarga se­kali per triwulan.

Sedangkan bantuan tunai untuk penyandang disabilitas dan lansia sampai sekarang belum dicairkan. Hal ini karena, kedua program tersebut meru­pakan program baru yang dican­angkan tahun 2016 ini. Namun, anggarannya ditetapkan sekitar 2,7 - 3,2 persen.

“Bantuan disalurkan dibagi menjadi empat triwulan dalam setahun. Dana tersebut turun secara berkala, yang diterima oleh masing-masing keluarga,” ungkapnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Nurlaili, ia mengatakan bantuan PKH tersebut disalurkan dalam bentuk program penanggu­langan kemiskinan yang ada di Kota Padang.

“Tujuan PKH adalah untuk membantu keluarga miskin dalam menghindari kemiskinan dan memastikan generasi se­lanjutnya sehat dan mampu menyelesaikan pendidikan da­sar 12 tahun.

Selain itu, sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian pertumbuhan ekonomi dan menekan angka kemiskinan yang ada di Kota Padang,” katanya.

Lanjutnya, Dinas Sosial Kota Padang akan selalu bersi­nergi dalam mengurangi angka kemiskinan dan memberikan pelayanan terbaik bagi ma­syarakat sehingga, tidak adalagi masyarakat yang hidup di ba­wah garis kemiskinan. (h/mg-eby)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]