WISUDA SARJANA ANGKATAN XVII

STAI-YDI Lubuk Sikaping Wisuda 82 Lulusan


Rabu, 21 Desember 2016 - 00:27:49 WIB
STAI-YDI Lubuk Sikaping Wisuda 82 Lulusan

PASAMAN, HALUAN — Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Dakwah Islami­yah (YDI) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasa­man, mewisuda sebanyak 82 wisudawan/wisudawati dalam Wisuda Sarjana Angkatan XVII, Selasa (20/12).

Ketua STAI-YDI Lubuk Sikaping Nasbin Panyahatan mengatakan, pada wisuda yang ke XVII ini, pihaknya mewisuda sebanyak 82 wisu­dawan/wisudawati yang ter­diri dari dua program studi. “Kita ada dua program studi yakni program studi Pen­di­dikan Agama Islam (PAI) ada sebanyak 73 orang dan Pro­gram studi Komunikasi Pen­yiaran Islam (KPI) ada sem­bilan orang,” katanya.

Untuk lulusan terbaik pada Wisuda Sarjana Ang­katan XVII ini yakni Nur Azimah, S. Pd dari program studi PAI dan Deni Fadli, S. Sos dari KPI.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dakwah Islamiyah (YDI) Kabupaten Pasaman Maslan Nasution men­yam­paikan upacan terima kasih kepada pemerintah daerah, seluruh panitia dan ma­sya­rakat yang telah mendukung terlaksananya kegiatan wis­u­da ini dengan baik dan lancar.

Ia berharap kepada se­luruh wisudawan/wisudawati untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya dengan baik ditengah masyarakat.

Selanjutnya, Wakil Koor­dinator Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) wilayah VI Sumatera Barat, Abdurr­ah­man mengatakan ada 20 Perguruan Tinggi Islam Swa­s­ta di Sumbar ini. Satu di Pasaman yaitu STAI YDI Lubuk Sikaping dan dua STAI di Pasaman Barat. “STAI-YDI Lubuk Sikaping memiliki prestasi yang bagus. Kedua jurusannya te­rak­re­ditasi B,” ujarnya.

Menurutnya, dari delapan STAI yang ada di Sumbar, STAI-YDI Lubuk Sikaping merupakan salah satu kam­pus yang jurusannya terak­reditasi B ini. Selain akre­ditasi jurusan, jelasnya, pada 2019 semua institusi pergu­ruan tinggi Islam swasta harus terakreditasi juga. “Kita yang telah diakreditasi baru juru­san­nya, untuk institusi per­gu­ruan tingginya belum. Nanti jika sudah berlaku maka tidak bisa lagi dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru, tidak boleh mewisuda dan bahkan sampai izinnya di­cabut,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia me­ngim­bau kepada seluruh per­gu­ruan tinggi Islam swasta yang ada di daerah itu untuk melakukan persiapan secara maksimal dalam men­da­pat­kan akreditasi tersebut.

Kepada para wisudawan/wisudawati, ia berharap un­tuk betul-betul menguasai ilmunya sehingga bisa bekerja secara baik dan profesional. “Jangan ada lulusan PAI yang tidak bisa mengajar dan ada jurusan KPI yang tidak bisa berceramah dan dakwah. Saat ini yang diutamakan adalah kualitas lulusan itu sendiri, bukan kuantitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Pasaman Hermanto dalam acara tersebut me­nga­takan STAI-YDI Lubuk Sik­a­­ping sudah banyak ber­par­tisipasi dalam mendorong kemajuan daerah setempat. “Pendidikan ini merupakan salah satu yang kita prio­ritaskan. Dengan pen­didikan ini maka masyarakat juga akan semakin maju. Kepada para lulusan diharapkan un­tuk merubah pola pikirnya dan memantaskan diri untuk menyandang gelar sarjana ini,” katanya. (h/yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]