TINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN

Fasilitas Objek Wisata Ditingkatkan


Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:37 WIB

PADANG, HALUAN — Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan pada 2016 ke Padang naik 4 persen  dibanding tahun 2015 yang hanya 3,3 juta wisatawan.

“Hal ini disebabkan oleh bertambahnya objek wisata yang ada di Kota Padang selama tahun 2016 ini,” ujar Kepala Dinas Kebu­dayaan dan Pa­riwisata Medi Iswandi pada Haluan, Selasa (20/12).

Ia menerangkan bahwa dari segi objek meningkat dibanding tahun lalu. Misalnya saja Pantai Air Manis, Pantai Padang de­ngan segala objek wisata yang menggairahkan.

“Kunjungan meningkat ka­re­na didorong objek wisata kita. Namun dari segi pendapatan retribusi berkurang karena ada beberapa tempat yang sudah dibongkar dan tidak dipungut lagi retribusinya seperti taman ria, lapak-lapak disepanjang pantai dan sepanjang muara,” terangnya.

Dikatakannya, tahun 2017 mendatang rencananya Gunung Padang akan dibuatkan tag line serta akan dibangun masjid. Kemu­dian, di Lapau Panjang Chimpago pada awal tahun juga akan difungsikan toilet yang bisa dipergunakan untuk pe­nyan­dang disabilitas dan lansia.

Lebih lanjut Medi me­nga­takan, saat ini Pantai Padang sudah dipercantik dengan ber­bagai macam fasilitas lainnya. Seperti trotoar, tugu perda­maian, taman IORA, LPC, Muaro Lasak dan berbagai tempat wisata lainnya yang bisa menjadi pilihan wisatawan yang datang berkunjung.

“Disepanjang Pantai Padang saja begitu banyak tempat tong­krongan atau tempat yang bisa menjadi pilihan wisata. Dengan demikian, Kota Padang adalah kota yang tepat untuk dijadikan tempat yang asik untuk ber­kunjung,” tambahnya.

Soal kenyamanan para wisa­ta­wan berkunjung, Medi menga­takan hal tersebut saling terkait. Adanya seperti pemalakan atau­pun tarif harga yang mencolok terjadi akibat lemahnya daya beli bagi wisatawan. Padahal jika dilihat dari tingkat kun­jungan, Pantai Padang selalu ramai setiap hari.

“Kita akan melakukan pem­binaan secara berkelanjutan untuk memutus rantai ini. Jika pengunjung bisa sepenuhnya berbelanja di tempat wisa­ta,seperti pemalakan akan mulai berkurang.

Namun hal tersebut juga harus seimbang. Baik itu ke­puasan pengunjung dalam hal menu makanan maupun harga serta kenyamanan. Semuanya saling terkait. Hal itulah yang akan sedikit demi sedikit kita luruskan,” ulas Medi. (h/win)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Juni 2019 - 09:42:47 WIB

    Fasilitas Minim, Kota Padang Belum Ramah Disabilitas

    Fasilitas Minim, Kota Padang Belum Ramah Disabilitas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Perhatian pemerintah terhadap para penyandang disabilitas masih minim. Banyak tempat-tempat umum yang belum memberikan fasilitas memadai bagi para difabel..
  • Jumat, 02 Februari 2018 - 15:45:11 WIB

    Fasilitas Pantai Padang Ditingkatkan, Dilengkapi CCTV dan Mikrofon

    Fasilitas Pantai Padang Ditingkatkan, Dilengkapi CCTV dan Mikrofon PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selain dilengkapi CCTV dari berbagai sudut, Pantai Padang tahun ini akan dilengkapi mikrofon untuk memberikan imbauan dan teguran kepada pedagang dan pengunjung. Rencana tersebut dirancang supaya su.
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:36:21 WIB

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM--Baru-baru ini, pulangkampuang.com bersama beberapa lembaga pegiat bisnis pemula (start up) mengadakan beasiswa pemrograman komputer. Di luar dugaan, program tersebut memiliki banyak peminat..
  • Kamis, 29 September 2016 - 03:02:22 WIB

    Fasilitas Ramah Disabilitas Belum Memadai

    Fasilitas Ramah Disabilitas Belum Memadai PADANG, HALUAN — Trotoar khusus bagi penyandang disabilitas yang dibangun Pemko Padang di Jl. Permindo Padang, akan diresmikan 30 September mendatang. Meski demikian, para penyandang disabilitas menilai jika fasilitas terse.
  • Senin, 08 Agustus 2016 - 15:51:54 WIB

    Gunakan Fasilitas Publik, Pedagang Kaki Lima di Lapai dan Simpang Kinol Kena Razia Satpol PP

    Gunakan Fasilitas Publik, Pedagang Kaki Lima di Lapai dan Simpang Kinol Kena Razia Satpol PP PADANG, HALUAN -- Tim gabungan Satpol PP Kota Padang melakukan penertiban sejumlah pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di trotoar, Senin (8/8). Plt Kasat Satpol PP Kota Padang, Eddy Asri mengungkapkan kegiatan hari .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM