TINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN

Fasilitas Objek Wisata Ditingkatkan


Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:37 WIB

PADANG, HALUAN — Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan pada 2016 ke Padang naik 4 persen  dibanding tahun 2015 yang hanya 3,3 juta wisatawan.

“Hal ini disebabkan oleh bertambahnya objek wisata yang ada di Kota Padang selama tahun 2016 ini,” ujar Kepala Dinas Kebu­dayaan dan Pa­riwisata Medi Iswandi pada Haluan, Selasa (20/12).

Ia menerangkan bahwa dari segi objek meningkat dibanding tahun lalu. Misalnya saja Pantai Air Manis, Pantai Padang de­ngan segala objek wisata yang menggairahkan.

“Kunjungan meningkat ka­re­na didorong objek wisata kita. Namun dari segi pendapatan retribusi berkurang karena ada beberapa tempat yang sudah dibongkar dan tidak dipungut lagi retribusinya seperti taman ria, lapak-lapak disepanjang pantai dan sepanjang muara,” terangnya.

Dikatakannya, tahun 2017 mendatang rencananya Gunung Padang akan dibuatkan tag line serta akan dibangun masjid. Kemu­dian, di Lapau Panjang Chimpago pada awal tahun juga akan difungsikan toilet yang bisa dipergunakan untuk pe­nyan­dang disabilitas dan lansia.

Lebih lanjut Medi me­nga­takan, saat ini Pantai Padang sudah dipercantik dengan ber­bagai macam fasilitas lainnya. Seperti trotoar, tugu perda­maian, taman IORA, LPC, Muaro Lasak dan berbagai tempat wisata lainnya yang bisa menjadi pilihan wisatawan yang datang berkunjung.

“Disepanjang Pantai Padang saja begitu banyak tempat tong­krongan atau tempat yang bisa menjadi pilihan wisata. Dengan demikian, Kota Padang adalah kota yang tepat untuk dijadikan tempat yang asik untuk ber­kunjung,” tambahnya.

Soal kenyamanan para wisa­ta­wan berkunjung, Medi menga­takan hal tersebut saling terkait. Adanya seperti pemalakan atau­pun tarif harga yang mencolok terjadi akibat lemahnya daya beli bagi wisatawan. Padahal jika dilihat dari tingkat kun­jungan, Pantai Padang selalu ramai setiap hari.

“Kita akan melakukan pem­binaan secara berkelanjutan untuk memutus rantai ini. Jika pengunjung bisa sepenuhnya berbelanja di tempat wisa­ta,seperti pemalakan akan mulai berkurang.

Namun hal tersebut juga harus seimbang. Baik itu ke­puasan pengunjung dalam hal menu makanan maupun harga serta kenyamanan. Semuanya saling terkait. Hal itulah yang akan sedikit demi sedikit kita luruskan,” ulas Medi. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]