Pieter Huistra Gantikan Riedl?


Jumat, 23 Desember 2016 - 00:22:01 WIB
Pieter Huistra Gantikan Riedl?

JAKARTA, HALUAN — Rumor soal bakal kembalinya Pieter Huistra ke Indonesia nyanter jelang laga semifinal Piala AFF 2016. Arsitek asal Belanda tersebut kabarnya sudah mela­kukan pembicaraan tertutup dengan PSSI. Ia diproyeksi kem­bali menjadi Direktur Teknik PSSI, dan amat mungkin meng­gantikan Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Pieter Hustra, pada tahun 2014 hingga awal tahun 2015 dikontrak PSSI kepengurusan La Nyalla Mattalitti sebagai Direk­tur Teknik PSSI. Karena posisi pelatih Timnas Indonesia lo­wong pasca Piala AFF 2014, ia sempat diminta menjadi care­taker pelatih Tim Merah-Putih untuk mengarungi Kualifikasi Piala Asia 2019.

Baca Juga : PSSI Terbitkan SK Terkait Penghentian Kompetisi

Ia sempat melakukan pe­mang­gilan sejumlah pemain, se­be­lum akhirnya batal karena PS­SI terkena sanksi FIFA imbas kon­flik antara Kemenpora de­ngan federasi.

Kepengurusan baru PSSI di bawah pimpinan Edy Rah­ma­yadi berminat kembali meng­gu­n­akan jasa pelatih 18 Januari 1967. Ia dianggap sebagai sosok yang pas menghuni posisi direk­tur teknik, untuk menurunkan kurikulum pembinaan sepak bola berjenjang yang bermuara ke level timnas. 

Baca Juga : Kompetisi Ditunda, Para Pemain Timnas Pilih Kursus Pelatih Lisensi C

“Ada beberapa kandidat, salah satunya Pieter Huistra, tapi belum diputuskan. Nanti dalam fokum Kongres Tahunan PSSI di Bandung pada 7 Januari 2016 keputusan final soal siapa-siapa saja yang menjadi pelatih tim­nas, mulai level U-15, U-17, U-19, U-22, hingga senior dipu­tus­kan,” terang Fanny Riawan, Debuti Sekjen PSSI saat berbin­cang-bincang santai di Hotel Aston, Sentul, di sela-sela final Piala AFF 2016.

Seusai putus kontrak dengan PSSI, Huistra sempat menangani klub amatir Jepang, Iwaki FC, yang bermain di kasta kelima kom­petisi Negeri Sakura. Kini kabarnya kontraknya sudah berakhir di sana. Melihat track-rekornya yang pernah menjadi asisten manajer Ajax Amsterdam serta Vitesse Arnhem, Huistra memenuhi kualifikasi untuk menghuni pos sebagai Direktur Teknik PSSI.

Baca Juga : Ini 5 Pesepakbola Dunia yang Kecanduan Kencani Perempuan, Ada yang Sampai 700 Orang?

Soal Pieter bakal rangkap jab­atan menjadi direktur teknik dan pelatih Timnas Indonesia amat mungkin terjadi, meng­ingat pada tahun 2017 tidak ada agenda internasional apa-apa yang dija­lani Tim Garuda. Baru pa­da tahun 2018, Timnas Indo­ne­sia berlaga di Piala AFF. (h/bln)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]