Jadi Finalis AFF Cup, Posisi Timnas Naik 8 Strip


Jumat, 23 Desember 2016 - 00:22:33 WIB

JAKARTA,HALUAN — In­donesia mengalami ke­nai­kan peringkat di ranking FIFA terbaru yang dirilis pada Kamis (22/12). Timnas Indonesia kini ada di ran­king ke-171 dari 205 jumlah yang masuk penghitungan ranking FIFA.

Posisi ke-171 itu naik delapan tingkat dari bulan sebelumnya, yakni urutan ke-179. Saat ini Timnas Indo­nesia memiliki total poin 120 dari sebelumnya 100.

Kenaikan ini dipastikan karena hasil apik yang dica­tat­kan Tim Merah-Putih di ajang Piala AFF 2016, di mana Indonesia bisa lolos hingga ke final. Dari tujuh pertandingan yang dijalani sampai partai puncak, Indo­ne­sia memenangi tiga per­tan­dingan, dua hasil imbang, dan dua kali kalah.

Seperti diketahui, sejak edisi 2016 ini, hasil pertan­dingan Piala AFF meme­ngaruhi perhitungan ranking FIFA sehingga hasil yang dicatatkan pada Piala AFF edisi ke-11 tahun ini ikut berkontribusi dalam ranking terbaru.

Perbaikan ranking juga dialami finalis Piala AFF 2016, Thailand. The War Elephants yang akhirnya jadi juara Piala AFF 2016 itu mengalami peningkatan tiga tingkat, ke urutan 126.

Meski begitu, ranking tertinggi untuk anggota FIFA yang berada di regional Asia Tenggara masih dipe­gang Filipina. Hanya, posisi The Azkals mengalami pe­nu­runan sebanyak tiga pe­ringkat dibandingkan bulan lalu. Filipina kini ada di posisi ke-120.

Berkebalikan dengan Thailand dan Indonesia, penurunan ranking Filipina salah satunya disebabkan pencapaian yang kurang memuaskan di Piala AFF 2016 lantaran mereka gagal lolos penyisihan grup.

Seperti diketahui, sejak edisi 2016 ini, hasil pertan­dingan Piala AFF meme­nga­r­uhi perhitungan ranking FIFA sehingga hasil yang dicatatkan pada Piala AFF edisi ke-11 tahun ini ikut berkontribusi dalam ranking terbaru.

Sama seperti Filipina, Vietnam, yang kiprahnya di Piala AFF 2016 dihentikan Indonesia di semifinal, tu­run sebanyak lima peringkat ke ranking 134.

Negara ASEAN lain pe­ser­ta Piala AFF 2016 yang mengalami penurunan ran­king FIFA pada bulan ini adalah Malaysia (turun lima tingkat ke posisi 161), Singa­pura (turun tiga tingkat ke posisi 165), Kamboja (turun li­ma tingkat ke ranking 173).

Sementara Myanmar, sa­ma seperti Timnas Indonesia, mencatatkan kenaikan sig­nifikan, yakni sebanyak tujuh tingkat. The White Angels, yang lolos ke se­mifinal Piala AFF 2016 kini punya ranking FIFA 159. 

Sedangkan posisi 1-25 besar ranking FIFA per 22 Desember 2016, tidak ada perubahan. Argentina ma­sih berada di urutan per­tama, disusul Brasil dan Jerman di urutan kedua dan ketiga. (h/bln)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:54:40 WIB

    Jika Gantung Sepatu, Benzema Berencana Jadi Petarung MMA

    Jika Gantung Sepatu, Benzema Berencana Jadi Petarung MMA HARIANHALUAN.COM - Striker Real Madrid, Karim Benzema memberikan jawaban sederhana ketika ditanya apakah tertarik untuk menggeluti dunia seni beladiri campuran (MMA) setelah karier sepakbolanya berakhir. Dia menjawab, "Tidak .
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:57:01 WIB

    Dalami Islam Saat Pandemi, Petarung MMA asal Austria Jadi Mualaf

    Dalami Islam Saat Pandemi, Petarung MMA asal Austria Jadi Mualaf HARIANHALUAN.COM - Giat mempelajari agama Islam saat dunia tengah dilanda oleh pandemi virus Corona, petarung MMA asal Austria bernama Wilhelm Ott telah membuat keputusan besar dalam hidupnya. Ia telah memilih untuk memeluk a.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 09:31:04 WIB

    Merangkap, Ketua Umum PSSI Jadi Manajer Timnas Indonesia untuk Piala Dunia

    Merangkap, Ketua Umum PSSI Jadi Manajer Timnas Indonesia untuk Piala Dunia HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bakal memantau langsung persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Bahkan, pria yang akrab disapa Iwan Bule menyebut akan menjadi manajer tim.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:45:25 WIB

    Berikut 4 Mantan Pemain Asing Persib Bandung yang Putuskan Jadi Mualaf

    Berikut 4 Mantan Pemain Asing Persib Bandung yang Putuskan Jadi Mualaf HARIANHALUAN.COM – Banyak faktor sebenarnya yang membuat orang memutuskan untuk melepaskan keyakinan lama mereka dan beralih ke agama Islam. Salah satunya yang pasti adalah faktor lingkungan. Mayoritas di Indonesia adalah .
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:34:46 WIB

    Tampil Melempem, Mauricio Pochettino Jadi Pelatih Juventus?

    Tampil Melempem, Mauricio Pochettino Jadi Pelatih Juventus? HARIANHALUAN.COM - Sebuah rumor berhembus mengenai sosok pelatih Juventus musim depan. Si Nyonya Tua diberitakan tengah mempertimbangkan untuk merekrut Mauricio Pochettino sebagai manajer baru mereka. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]