80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M


Jumat, 23 Desember 2016 - 00:27:38 WIB
80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M GM Telkom Sumbar, Darmawi, menyerahkan bantuan sebesar Rp2 miliar kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, secara simbolis, di Auditorium Gubernuran, Kamis (22/12). Bantuan itu diserahkan kepada 80 pelaku UMKM di Sumbar yang merupakan mitra binaan Telkom. (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN — Telkom Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp2 miliar kepada 80 pelaku UMKM di Sumbar. General Manager (GM) Telkom Sumbar, Darmawi mengatakan, bantuan itu diberikan kepada mitra Telkom di 7 kabupaten/kota di Sumbar.

“Bantuan ini adalah ban­tuan untuk kali ketiga yang diberikan Telkom Sumbar selama 2016. Selama 2016, Telkom Sumbar sudah me­ngu­curkan dana sebesar 9,8 miliar untuk membantu para pelaku UMKM,” ujarnya usai acara penyaluran dana pinjaman bergulir dan pem­bekalan mitra binaan PT Telkom serta penan­da­tanga­nan Surat Perjanjian Pinja­man Program Kemitraan (SP­3K) CDC Witel Sumbar kepada 80 mitra binaan triwulan IV 2016, di Audi­torium Gubernuran Sumbar, Kamis (22/12).

Baca Juga : Kinerja Perekonomian Maret 2021 Terus Melanjutkan Tren Positif

Ia mengatakan, kalau pelaku UMKM yang mene­rima bantuan itu antusias menjalankan usaha dan dana bergulirnya lancar, pihaknya akan meningkatkan bantuan untuk Sumbar pada tahun depan. Rencana penam­bahan jumlah bantuan terse­but karena ia melihat para pelaku UMKM di Sumbar sangat antusias.

Untuk pengembalian dana, Darmawi menga­ta­kan, selama 2015 hingga 2016, tidak ada pengem­balian pinjaman dana ber­gulir Tel­kom yang macet di Sumbar. Karena itu, jumlah bantuan untuk Sumbar akan ditam­bah pada tahun berikutnya.

Baca Juga : Harga Bawang Putih dan Merah Naik di Pasar Raya Padang, Cabai Turun

Selain itu, kata Darmawi, Tel­kom tidak hanya mem­be­rikan bantuan modal un­tuk mereka, tetapi juga mem­berikan pelatihan na­ma­nya kampung UMKM digi­tal.

“Para pelaku UMKM akan dihimpun di sana, dan akan kita bantua komputer, fasilitasi internetnya dan akan kita latih bagaimana supaya mereka tidak kon­ven­sional lagi tapi online. Jadi, ti­dak perlu lagi jualan harus buka toko, dan ia juga sudah ber­koordinasi dengan kepala di­nas terkait untuk membuat sen­tral UMKM di Sumbar agar para pelaku usaha lebih ter­koordinir untuk me­ngem­bang­kan usa­­hanya,” tutur­nya

Baca Juga : REC, Menjaga Bumi Sekaligus Berbagi dengan Sesama

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Pryaitno, ber­terima kasih kepada Telkom Sumbar karena sudah me­nya­lurkan dana pertang­gungjawaban sosial peru­sahaan (CSR) dengan tepat.

“Kami sangat meng­apre­sisasi dukungan dan per­hatian yang diberikan Tel­kom untuk pelaku usaha, dan sekaligus memberikan bimbingan mendukung pe­ngu­saha kecil hingga ber­kem­bang lebih maju, baik dengan memberikan pinja­man maupun bantuan bim­bingan bagi para pelaku usaha,” tuturnya.

Baca Juga : Peringati Hari Kartini, Bhayangkari dan PT Grab Tandatangan MoU Digitalisasi UMKM se-Indonesia

Irwan berpesan kepada 80 UMKM mitra binaan Telkom tersebut untuk be­nar-benar bekerja dengan amanat dan baik sehingga bisa mengenjot ekonomi rakyat. Dengan pendapatan pertama dan bantuan dari telkom ini diharapkan bisa mensejahterakan semuanya.

“Dana Rp2 miliar ini relatif besar atau kecilnya. Namun, dana ini sudah mem­berikan manfaat yang besar bagi pengushaa kecil atau pedagang yang ada di pasar,” ucapnya.

Menurutnya, untuk suk­ses dalam berusaha bukan ada atau tidak adanya mo­dal, atau sedikit atau ba­nyak­nya modal namun ada pada kesungguhan dan kese­riusan diri sendiri.

Ia berharap penyaluran bantuan dana pertang­gung­jawaban sosial perusahaan Telkom ini jadi motivasi bagi BUMN lainnya untuk me­nyalurkan dana pertang­gungjawaban sosial peru­sahaan. (h/rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]