2018, Pasbar Miliki 96 Nagari


Jumat, 23 Desember 2016 - 00:28:02 WIB
2018, Pasbar Miliki 96 Nagari

PASBAR, HALUAN — Pemerintah Pasaman Barat (Pasbar) sudah merekomendasikan ke gubernur sebanyak 34 nagari persiapan atau nagari pemekaran. Pasbar memiliki target pada tahun 2018 mendatang miliki 96 nagari.

Bupati Pasbar, Syahiran mengatakan, Pasbar memiliki 19 nagari induk. Sedangkan pengajuan penataan nagari sebanyak 77 nagari. Total nagari yang ada di Pasbar nanti dari nagari induk dan nagari pe­mekaran sebanyak 96 nagari.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

“Namun, masih ada kendala yang kita hadapi. Ada nagari yang belum memasukkan pro­posal ke Pemda,” urai Syahiran.

Ia menambahkan, nagari yang belum memasukkan pro­posal adalah Nagari Katiagan, Nagari Kapa, dan Nagari Aia Bangih. Ada beberapa per­soalan atau masalah yang di­hadapi oleh Pasbar dalam pe­mekaran. Adanya penolakan dari sebagian tokoh adat karena adanya anggapan bahwa pe­mekaran pemerintahan nagari akan mengintervensi masalah adat seperti masalah ulayat.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

“Ada juga penolakan dari walinagari dengan adanya ang­gapan dengan pemekaran pe­me­rintahan nagari akan mengu­rangi wilayah kekuasaan wali nagari. Tidak terpenuhinya persyaratan jumlah penduduk untuk pemekaran pemerintahan nagari sesuai dengan usulan masyarakat,” ungkap Syahiran.

Rincian usulan pemekaran nagari di Pasbar, Nagari Kinali usulan pemekaran sebanyak 16 nagari. Nagari Lingkuang Aua usulan pemekaran sebanyak 7 nagari. Nagari Aua Kuning usulan pemekaran sebanyak 4 nagari. Nagari Aia Gadang usulan pemekaran nagari seba­nyak 2 nagari. Nagari Talu usulan pemekaran nagari seba­nyak 2 nagari. Nagari Sinuruik usulan pemekaran nagari seba­nyak 1 nagari. Nagari Kajai usulan pemekaran  sebanyak 2 nagari. Nagari Koto Baru usulan pemekaran sebanyak 7 nagari, Nagari Sasak usulan pemekaran nagari sebanyak 3 nagari.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Nagari Muaro Kiawai usu­lan peme­karan nagari sebanyak 2 na­gari, Nagari Rabbi Jonggor usulan pemekaran sebanyak 3 nagari, Nagari Sungai Aur usulan peme­karan nagari se­banyak 6 nagari.

Nagari Ujung Gading usulan pe­mekaran sebanyak 10 nagari, Na­gari Parit usulan pemekaran se­ba­nyak 5 nagari. Nagari Bata­han usu­lan pemekaran sebanyak 4 na­gari dan Nagari Desa Baru usulan pemekaran sebanyak 1 nagari.

Baca Juga : Pasa Pabukoan Masjid Tablighiyah Garegeh, Bangkitkan Gairah Ekonomi Masyarakat

Menurut Asisten 1 bidang pemerintahan, Afrizal Azhar, pemekaran pemerintahan nagari di Pasbar ditargetkan tuntas pada tahun 2018. Ini sudah dimasukkan ke dalam RPJMD Pasbar tahun 2016-2021.

“Kita juga sudah membuat tim pembentukan nagari per­siapan. Ini bertujuan untuk mencari solusi dari persoalan yang ada di nagari yang akan kita tata,” terang Afrizal Azhar.

Salah seorang warga Nagari Aia Bangih, Zaiman mengakui, masyarakat Aia Bangih sudah setuju pemekaran. Namun, masih ada masalah sehingga pemekaran Nagari Aia Bangih masih belum tuntas. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]