Semen Padang Gelar Seminar Anti Korupsi


Jumat, 23 Desember 2016 - 01:46:45 WIB
Semen Padang Gelar Seminar Anti Korupsi PENYERAHAN hadiah pemenang lomba karya tulis dan desain grafis dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional.

PADANG, HALUAN – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional (HAKN) yang jatuh setiap 9 Desember, PT Semen Padang menggelar Seminar Hari Anti Korupsi Nasional di Wisma Indarung, Rabu (21/12).

Seminar dengan nara­sum­ber Direskrimsus Polda Sum­bar Kombes Pol Drs Margi­yanta, SH, dan Kepala BPKP Perwakilan Sumbar, Drs Her­man Hermawan itu dihadiri  Direktur Komersial PT Semen Padang, Pudjo Suseno, Di­rektur Produksi, Indrieffouny Indra dan Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto, Komisaris PT Semen Padang, Wiztian Yoetri, kalangan distributor, vendor Semen Padang, ninik mamak dan jajaran karyawan lingkungan PT Semen Padang.

Direktur Pemasaran PT Semen Padang, Pudjo Susesno dalam sambutannya menga­takan,  saat ini kondisi per­saingan semen di Indonesia sangat berat. Bahkan kelebihan pasokan semen di Indonesia mencapai 26 juta ton/tahun.

“Dengan kondisi seperti ini, tentunya yang harus dila­kukan adalah efisiensi. Na­mun, efisiensi akan sulit dite­rapkan apabila ada perilaku ‘fraud’ (kecurangan). Untuk itu, kami berharap seminar ini bisa menjadi masukan baru se­hingga ke depan kami bisa menghadapi segala bentuk kecurangan,” katanya.

Komisaris PT Semen Padang, Wiztian Yoetri me­wakili komisaris mengapresiasi langkah-langkah yang dilaku­kan manajemen Semen Padang yang telah mengambil momen­tum Hari Anti Korupsi untuk mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) yang lebih baik di perusahaan ini.

“Upaya-upaya seperti ini, diharapkan semakin men­dorong perusahaan terus tum­buh, berkembang dan ber­manfaat bagi segenap stake­holder. Dalam bidang hukum ada sebuah aksioma yang mengatakan “Fiat justitia ruat coeleum” Biarpun langit run­tuh, hukum harus tetap ditegakkan,” katanya.

Ditambahkan dewan komi­saris, akan terus mendukung dan mendorong direksi dan seluruh insan perusahaan untuk komit dalam penerapan GCG. Karena bagaimana pun juga, perusahaan ini bukan untuk dimanfaatkan hari ini saja, namun akan diwariskan pada generasi mendatang.

Direskrimsus Polda Sumbar Kombes Pol Drs Margiyanta, SH melalui Kasubdit III Ti­pidkor Direktorat Reksrimsus Polda Sumbar, AKBP Imran Amir dalam materi seminar yang disampaikannya menye­butkan, korupsi di Indonesia saat ini sudah menjadi feno­mena yang mencemaskan, karena kasus korupsi makin merajalela dan sistemik.

Parahnya lagi, perbuatan korupsi pada umumnya dila­kukan orang-orang pintar yang mempunyai kekuasaan mengelola tindak pidana agar tidak terbukti. “Hal ini bisa dilihat dari banyaknya satuan kerja di instansi pemerintah maupun di BUMN dan BUMD yang hampir setiap tahun, menghabiskan sisa anggaran untuk kegiatan yang tidak terencana dengan baik,” kata Imran Amir.

Meski kasus korupsi kini dilakukan secara sistemik, namun pria kelahiran Padang itu menyebut, bahwa Polri dan KPK tidak tinggal diam dalam memberantas korupsi. Untuk itu, Ia mengingatkan agar instansi pemerintah, BUMN dan BUMND di Sumbar, harus taat terhadap regulasi yang ada.

Sementara Kepala BPKP Sumbar, Herman Hermawan dalam paparannya menyebut, Corruption Perception Index Indonesia pada 2015 berada di peringkat 88 dengan skore 36. Peringkat ini lebih baik dari tahun sebelumnya yang berada di atas 100.

Meski Corruption Perception Index Indonesia naik, namun pihaknya sebagai pemeriksa keuangan, tetap mendorong agar pemerintah, BUMN dan BUMD yang ada di Padang mengefektifkan Sistem Pengendalian Intern Perusahaan (SPIP), supaya terwujud Good and Clean Governance.

“Kalau PT Semen Padang melalui biro Good Corporate Governance (GCG) sejauh ini sudah efektif. Namun demi­kian, kami dari BPKP tetap mendorong agar sistim pe­ngen­dalian di Semen Padang bisa lebih efektif lagi ke depannya,” katanya. (h/rel)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 17:27:24 WIB

    Semen Padang Peringati Hari Bela Negara

    Semen Padang Peringati Hari Bela Negara PADANG, HALUAN.Com– Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara (HBN), PT Semen Padang melaksanakan upacara pada Kamis (20/12), diikuti ratusan karyawan/wati Semen Padang Group. .
  • Jumat, 03 Agustus 2018 - 12:28:52 WIB

    PT. Semen Padang dan Lantamal II Bersihkan Pantai Padang

    PT. Semen Padang dan Lantamal II Bersihkan Pantai Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Semen Padang sebagai perusahaan yang komit terhadap kebersihan lingkungan, kembali melakukan aksi bersih-bersih. Kali ini, melalui program ‘Barasiah Basamo’, Semen Padang menggandeng Lantamal .
  • Rabu, 11 Juli 2018 - 20:49:58 WIB

    HUT ke-60 Pengambilihan Semen Padang, Senam Bersama Bertabur Hadiah

    HUT ke-60 Pengambilihan Semen Padang, Senam Bersama Bertabur Hadiah PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meriah dan bertabur hadiah! Demikian kegiatan bersama dalam rangkaian HUT ke-60 pengambilalihan Pabrik Semen Padang pada Rabu (11/7/2018). Berbagai hadiah disediakan panitia seperti sepeda, kipas a.
  • Selasa, 14 Maret 2017 - 08:09:42 WIB

    TRC Semen Padang Bangun Jembatan Darurat

    TRC Semen Padang Bangun Jembatan Darurat PADANG, HALUAN -- Jembatan Gantung Kampung Beringin yang rusak parah akibat luapan air sungai batang tarandam pada Sabtu (12/3) lalu hingga kini telah dilakukan perbaikan dan pembangunan jembatan darurat oleh Tim Reaksi Cepat.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:50:33 WIB
    TAAT MENGELOLA LINGKUNGAN

    Semen Padang Raih Proper Hijau

    Semen Padang Raih Proper Hijau JAKARTA, HALUAN — Sebagai bukti ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, PT Semen Padang (PTSP) meraih Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sertifikat Proper Hijau tersebut dise­rahkan Men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM