Yan Hiksas: OSO itu Asli Sulit Air. Kenapa Dipertanyakan Lagi?


Jumat, 23 Desember 2016 - 11:04:23 WIB
Yan Hiksas: OSO itu Asli Sulit Air. Kenapa Dipertanyakan Lagi?

Yan Hiksas: OSO itu Asli Sulit Air

PADANG, HALUAN – Masa kepengurusan Gebu (Gerakan Ekonomi dan Budaya) Minang yang dipimpin Ermansyah Jamin tinggal hitungan jam. Untuk memilih pemimpin yang baru, Jumat (23/12) siang ini, akan digelar Musyawarah Besar (Mubes) di Hotel Pangerans Beach, Padang

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

Wakil Ketua MPR RI, Dr (Hc) H. Oesman Sapta Odang (OSO) dijadwalkan Mubes yang akan akan berlangsung hingga MInggu (25/12).  Nama OSO digadang-gadang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Gebu Minang lima tahun ke depan.  Selain OSO, ada juga nama H. Is Anwar Dt Rajo Perak untuk menggantikan posisi Ermansyah Jamin.

OSO sendiri termasuk putra Minang yang punya tampuk kekuasaan di pusat. Ia sempat bersaing dengan Zulkifli Hasan untuk meraih kursi pimpinan MPR. Kini, posisinya adalah Wakil Ketua MPR.

Baca Juga : Tunjang Pariwisata, Diskominfo Pariaman Bentuk Taman Bunga di Pantai Kata

Tokoh masyarakat Sulit Air di perantauan, Yan Hiksas angkat bicara soal langkah OSO. Ia meyakinkan, OSO merupakan putra asli Sulit Air, Kabupaten Solok. Nyaris setiap tahun, ia selalu menyempatkan diri pulang kampung, melihat sanak saudaranya di daerah tersebut.

“Pak OSO itu lahir dari seorang ibu yang berasal dari Sulit Air. Apa itu perlu dipertanyakan lagi ke-Minangannya. Itu lurus,”tegas pengurus DPP Golkar ini.

Baca Juga : Gubernur Sumbar: Masyarakat Tak Perlu Takut, BPOM dan MUI Sudah Keluarkan Fatwa Kehalalan Vaksin

Soal sumbangsih OSO, Yan Hiksas menyebutkan ia tak ingin mengumbarnya. “Ah, soal itu, mendingan anda lihat sendiri dan cari sendiri informasinya,”katanya menantang Haluan.

Dari penelusuran Wikipedia--sebuah situs internasional yang memuat profil tokoh internasional dan nasional-- yang dilakukan Haluan, disebutkan  OSO membangun rumah gadang sebagai objek wisata dan tempat informasi. Hal ini ia lakukan untuk menunjang pariwisata di kampung halamannya. Dalam situs tersebut, juga disebut ibu OSO, Asnah Hamid, berasal dari Sulit Air.

Baca Juga : 680 Tenaga Kesehatan RSUD M Zein Painan Jalani Vaksinasi Covid-19

“Untuk itu, saya berharap suara-suara sumbang yang menyebutkan Pak OSO bukan orang Minang tak perlu didengarkan lagi. Kecintaannya kepada kampung halaman telah ia buktikan dibanding dengan sekedar perkataan,”kata Yan. (h/mat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]