MINIMALISIR RESIKO BENCANA

BPBD Buat Zona Batas Aman Tsunami


Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:57:28 WIB
BPBD Buat Zona Batas Aman Tsunami

PADANG, HALUAN — Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah - Pemadam Kebakaran (BP­BD-PK) Kota Padang, Sumatera Barat akan membuat  tanda zona batas aman tsunami (Tsunami Safe Zone) pada dua ruas jalan di kota setempat sebagai bentuk pengurangan resiko bencana.

“Kita akan buat zona ini seba­gai tanda kepada masyarakat sudah berada pada zona aman tsunami ketika gempa terjadi,” katanya.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Dia mengatakan titik yang akan dibuat zona batas aman tsunami pada tahun ini akan dibuat di kawasan Ampang tepatnya di depan Stasiun Pe­ngisian Bahan Bakar Umur (SPBU) Ampang dan di depan SPBU Sawahan.

Pada ruas jalan tersebut akan dibuat garis biru selebar badan jalan dengan tinggi sekitar tiga meter. Garis biru ini yang akan menandakan apabila warga telah melewati garis tersebut tidak akan terkena gelombang tsu­nami.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“Apabila gempa terjadi orang yang berada di atas garis biru tersebut tidak perlu lagi keluar dari rumah menuju ka­wasan lebih tinggi ketika gempa terjadi,” katanya.

Dirinya melihat hal tersebut diperlukan karena dalam be­berapa kali gempa terjadi mere­ka yang berada di kawasan aman ikut melakukan evakuasi menuju dataran yang lebih tinggi.

“Tanda ini akan menjadi solusi, warga yang berada di kawasan atas garus biru cukup berada dirumah dan mem­beri­kan kesempatan kepada masya­rakat yang berada di kawasan merah untuk melakukan eva­kuasi baik ke shelter maupun menuju dataran lebih tinggi,” katanya.

Dia mengatakan pada tahun 2017 pihaknya akan menambah pada 32 ruas jalan di kota setempat. Supaya masyarakat kota padang tidak perlu cemas ketika terjadi bencana gempa., (h/mg-ina).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]