Selama Tahun 2016, Satpol PP Tertibkan 365 Anjal


Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:57:49 WIB
Selama Tahun 2016, Satpol PP Tertibkan 365 Anjal

PADANG, HALUAN — Sebanyak 365 anak jalanan (anjal) yang ditertibkan Satpol PP Kota Padang selama tahun 2016 sudah diserahkan ke Dinas Sosial. Melalui Dinas Sosial, ratusan anjal tersebut sudah diserahkan ke panti sosial, panti rehabilitasi dan ke orangtuanya.

Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Amasrul melalui Kasi Anak dan Lan­sia Nursyamsi pada Haluan, Jumat (23/12) mengatakan bahwa jumlah tersebut ter­hitung hingga Agustus 2016. Satpol PP menertibkan anak jalanan yang berkeliaran serta meresahkan warga dengan cara yang beragam.

Baca Juga : Temui Mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Hendri Septa Bicarakan Hal Ini

“Anak jalanan tersebut dominan memiliki keluarga dan kebanyakan mereka itu mengemis. Baik dengan cara baik maupun cara ber­bohong. Ada yang pura-pura cacat, ada yang dipaksa orang tua dan ada pula yang sengaja datang dari daerah,” te­rang­nya.

Dikatakannya, kesemua­nya itu ditangkap oleh Satpol PP dan diserahkan ke Dinsos. Kemudian, Dinsos me­merik­sa dan hasilnya ada yang terlibat narkoba.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

“Kita di sini tes urine mereka dan bagi yang positif akan kita masukkan panti rehabilitasi. Kemudian yang mau diajak ke panti sosial akan diserahkan juga ke panti namun bagi yang tidak mau akan kita panggil orang­tuanya dan dipulangkan ke orangtuanya,” lanjut Nur­syamsi.

Dalam penyelesaian ter­se­but sejumlah anjal akan dibuatkan surat perjanjian yang berisi tidak akan kem­bali ke jalanan. Sebagian juga ada yang diberikan pelatihan kreativitas untuk memberi­kan pelajaran dan arti hidup dengan cara berusaha.

“Ada sebagian yang beru­bah namun ada juga yang setelah dibina kembali ke jalanan. Bagi yang kedapatan orang luar daerah akan kita kembalikan ke daerah,” se­butnya.

Nursyamsi juga menyam­paikan, jumlah anjal pada tahun 2016 meningkat diban­ding tahun 2015.

Tahun lalu, jumlah anjal sekitar 250 orang yang sebagian berada di panti sosial dan dipu­langkan ke rumah orang­tuanya. Anjal tersebut ter­nyata tidak hanya tergolong dari anak-anak saja. Namun juga ada yang sudah tua.

“Yang kita data di sini mulai dari umur satu tahun hingga 50 tahun. Yang masih balita tersebut mengaku di­suruh orangtuanya. Itulah yang kita upayakan supaya generasi kita tidak salah jalan,” tukasnya. (h/win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]