UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar


Rabu, 28 Desember 2016 - 01:56:11 WIB
UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar Rektor UNP, Prof. Ganefri, memberikan nota kesepahaman UNP dengan Prenanda Media Group sebagai penerbit buku dosen UNP di RSG FT Selasa (2712). (ISRA)

PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan 50 buku program rekonstruksi bahan ajar. Dimana 44 buku yang dibertikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan enam lainnya dibiayai UNP.

Ketua Panitia, Afriva Khaidir, dalm sambutannya mengatakan ada 85 buah judul buku yang rencanya akan dilun­curkan. Namun, tidak banyak dari penulis yang merespon saat ada perbaika”Sehingga hanya ada 44 buah judul buku yang didanai dari BOPTN dan enam judul dari UNP yang diluncurkan,” katanya saat acara peluncuran di Gedung Serba Guna Fakultas Teknis (FT) . Selasa (27/12).

Peluncuran buku ini kata Afriva betujuan untuk menambah referensi saat proses belajar mengajar di kampus. Program ini juga untuk peningkatan angka publikasi universitas. “Kita juga akan menerbitkan e-book. Ini akan bedampak pada perekingan PT di media internet nantinya,” terangnya.

Penanggung jawab kegiatan, Agus Irianto, mengatakan, penerbitan buku ini menajadi cita-cita yang dicanangkannya pada awal menjadi WR I.  Pada 2015 ada 259 judul bahan ajar yang belum diterbit­kan. “Kalau bisa buku-buku teks yang dibayai bisa diterbitkan di tingkat nasional. Buku yang belum diterbitkan diminta untuk diterbitkan,” paparnya.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, menga­takan, ini lah salah satu wujud nyata dari dosen yang menulis buku dan lembaga sangat mengapresiasi ini. Dengan pelun­curan ini akan membuat jaringan pema­saran UNP akan semakin luas.”Untuk itu kita menggandeng Pernanda Media Group dengan memanfaatkan jaringan pemasaran yang mamasarkan ke seluruh Indonesia. Dan ini akan jadi royalti bagi PTN nantinya,” ungkap Ganefri..

Saat ini UNP masih punya 200 stok buku yang siap untuk diterbitkan. “Tapi teman-teman penulis juga harus siap untuk menerima perbaikan,” katanya.

UNP sendiri merencanakan akan membuat sebuah galeri yang selalu update dengan buku-buku hasil karya dosen UNP. “Jadi, setiap lantai dan bundaran di gedung rektorat baru ada galery. Dan isinya dari buku-buku karya dosen UNP. Untuk pembeliannya akan melalui online,” katanya. (h/isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:28:21 WIB
    GENJOT MINAT PENELITIAN

    UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian..
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
    PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

    Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. K.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:49:57 WIB

    Kuliah Umum Arcandra di Unand dan UNP: ‘Aturan Bikin Investor Angkat Kaki’

    Kuliah Umum Arcandra di Unand dan UNP: ‘Aturan Bikin Investor Angkat Kaki’ PADANG, HALUAN — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dr Arcandra Tahar menyoroti lemahnya iklim investasi bidang energi di Indonesia. Menurutnya aturan yang ada di peme­rintahan saat ini membuat para invest.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]