Pascatahun Baru, Beredar Foto-foto Botol Miras dan Taman yang Rusak di Kawasan Jam Gadang


Ahad, 01 Januari 2017 - 21:33:57 WIB
Pascatahun Baru, Beredar Foto-foto Botol Miras dan Taman yang Rusak di Kawasan Jam Gadang Screenshot Foto Facebook/FERY RADEN

BUKITTINGGI, HALUAN--Pesta pergantian malam tahun baru di Kota Bukitinggi semarak saat dihiasinya langit di atas Jam Gadang dengan lukisan kembang api.

 

Baca Juga : Kasasi Ditolak MA, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Klaim Belum Terima Surat Salinan

Namun setelah pesta usai, muncul keluhan dari berbagai masyarakat terutama di media sosial. Bahkan beredar foto-foto kondisi sekitar Jam Gadang di media sosial yang kini menjadi viral.

 

Baca Juga : Pengelola Permainan Anak di Ruang Terbuka Padang Aro Direlokasi

Salah satu akun atas nama Fery Raden yang mengunggah sejumlah foto. Terlihat dari foto itu bunga dan tanaman yang ada di sekitar jam gadang rusak, selain itu juga ada foto botol bekas minuman keras (miras). Tak hanya itu, terlihat juga foto pasangan muda mudi sedang asik berduan.

 

Baca Juga : Merespon Penembakan oleh Oknum Polisi, Kapolri Terbitkan Telegram

Sementara di akun Yudhios Ilham juga mengunggah sejumlah foto tentang sampah yang berserakan di sekitar Jam Gadang. Dan ia juga menulis “Hallooo, pak…Ini hasil utama malam pergantian tahun, pak…Sampah berserakan..Yang bukan suami istri, pasangan tidak halal berbuat maksiat, tidur2an disepanjang emperan toko..Ooh ya, pak..yang mabuk2an di tengah keramaian juga ada…Taman2 yang sangat indah tanamannya hancur diinjak2…Pak segelintir hal di atas akan anda petanggung jawabkan nantinya, itu pasti”.

 

Baca Juga : Terjadi di Tegal, Wakil Wali Kota Dilaporkan Wali Kota ke Polisi

Akun lainnya yakni Dodi Ilham, “Hasil perayaan tahun baru…Coba mikir yang ikut serta yang nyumbang sampah di Jam Gadang Bukittinggi”.

 

Namun tidak semua netizen yang ikut mengeluhkan, di akun atas nama Masneli Nel ikut mengomentari “Jangan menyalahkan pemkot saja pak/buk, ini tugas kita bersama, pemkot sudah melarang. Tapi yang namanya manusia malah ada yang tidak mematuhi dan mendengarkan ajakan tersebut.

 

Beredarnya foto-foto tersebut menjadi viral setelah dibagikan oleh puluhan netizen.

 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi Melvi Abra saat dihubungi Harianhaluan.com mengatakan, terkait masalah sampah hal tersebut bukan tanggu jawab Dinas Kebudayaann dan Pariwisata tetapi dinas lain.

 

“Khusus untuk sampah bukan wewenang kami, dan untuk perilaku (miras dan menginjak tanaman) sudah ada himbauan dari pemko. Bahkan acara tersebut (pesta kembang api) tidak difasilitasi pemko,” terangnya, Minggu (1/1).

 

Ia menambahkan, Pemko Bukittinggi sudah menghimbau untuk tidak mengadakan pesta. Namun untuk mengantisipasi keadaan pemko dan aparat keamanan mendirikan pos untuk menjaga ketertiban.

 

“Bagaimana caranya melarang, itu area publik, tapi untuk area lain yang punya pagar sudah kami tutup,” ungkapnya.(h/rvo)

 

Editor : Rivo Septi Andries

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]