Jembatan di Panti Nyaris Putus Akibat Banjir


Jumat, 06 Januari 2017 - 13:27:33 WIB
Jembatan di Panti Nyaris Putus Akibat Banjir
PASAMAN, HALUAN--Jalur lintas Sumatera terancam terputus, itu akibat satu unit jembatan di Kampung Ampanggadang, Bandar Sianik, Nagari Panti Selatan, Kabupaten Pasaman, rusak parah dihantam banjir bandang, Jumat (6/1). Sistem buka tutup terpaksa diberlakukan akibat sisi badan jembatan ambrol sebagian.
 
Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat beserta personel lainnya langsung diterjunkan untuk mengamankan kondisi terkini dilokasi tersebut. Sejumlah alat berat dan alat penyedot air pun mulai dikerahkan untuk mengamankan jembatan agar tidak rubuh.
 
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Meskipun dua unit jembatan terancam ambruk dan satu unit putus total akibat peristiwa itu. Banjir dari luapan sungai Mudik Aia juga merendam dan mengancam permukiman penduduk.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, M Sayuti Pohan mengatakan, tebing jembatan Bandar Sianik diruas jalan nasional itu rusak. Kondisi itu, kata dia, jelas membahayakan pengguna jalan. "Kita sudah koordinasi dengan pihak PU Provinsi perwakilan disini (Lubuksikaping) untuk segera membuat jembatan darurat. Sebab, jembatan itu berada di jalan nasional," katanya.
 
Ia mengatakan, petugas terpaksa memberlakukan sistem buka tutup untuk menghindari jatuhnya korban dan kecelakaan lalulintas. Sebab, kata dia, kondisi jembatan sekarang tidak cukup kuat untuk dilalui kenderaan secara bersamaan, apalagi kenderaan berbadan besar. "Sistem buka tutup terpaksa dilakukan, sebab kondisi jembatan tidak memungkinkan untuk dilalui kenderaan secara bersama-sama. Itu akibat badan jembatan sudah ambrol dan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Petugas juga sudah standby," ucap Pohan.
 
Dikatakan, lokasi jembatan sudah diamankan. Satu jalur sudah ditutup agar tidak dilalui oleh kenderaan. Sejumlah personel juga sudah diterjunkan seperti, TNI/Polri, petugas Damkar, Satpol PP dan TSR PMI.(h/mg-yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]