Bencana Sumbar, BPBD : Total Kerugian Masih Menunggu Laporan Kabupaten dan Kota


Sabtu, 07 Januari 2017 - 10:03:52 WIB
Bencana Sumbar, BPBD : Total Kerugian Masih Menunggu Laporan Kabupaten dan Kota ilustrasi

PADANG, HALUAN – Terkait dengan bencana banjir dan longsor yang mengepung Sumbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar belum bisa memperkirakan berapa dampak kerugian akibat bencana tersebut. Namun, BPBD memastikan untuk kebutuhan logistik telah dikirim untuk kabupaten/kota yang terdampak.

 

Hal ini dikatakan Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara, saat dikonfirmasi Harianhaluan.com Jumat (6/1), di Padang.

 

“Untuk kerugian kami belum bisa berikan mengingat belum ada laporan dari kabupaten/kota terdampak hingga saat ini,” kata Pagar.

 

Meski demikian katanya, BPBD Sumbar telah memberikan bantuan kepada beberapa kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Solok, Kota Solok, dan Kabupaen Pesisir Selatan.

 

“Bantuan yang kita kirim tu berupa family kid, lauk pauk, mkanan siap saji, selimut, tikar, dan dua unit perahu karet untuk evakuasi warga,” terangnya.

 

Hingga saat ini ujar Pagar, Pemprov Sumbar terus membackup kebutuhan logistik kalau masih kabupaten/kota ada yang membutuhkan. “Kita nanti juga siap untuk memfasilitasinya langsung ke BNPB kalau memang butuh tambahan,” lanjutnya.

 

BPBD Sumbar juga mengimbau warga untuk terus meningkatkan kewaspadaannya.Mengingat dari informasi Badan Meteorologi Klimtaologi dan Gesofisika (BMKG) Padang Pariaman, frekuensi cuaca ekstrim masih tinggi hingga akhir Januari mendatang.

 

“Kami terus mengimbau agar masyarakat selalu waspada. Terutama bagi yang memang tinggal di lokasi yang rawan banjir dan longsor,” ungkapnya.

 

Imbauan yang sama juga telah dikeluarkan BMKG mengingat potensi cuaca ekstrim, dimana hujan lebat disertai angin dan petir masih akan melanda Sumbar hingga akhir Januari nanti.

 

“Prediksi kami awal bulan Februari itu frekuensinya sudah mulai berkurang meski potensi munculnya (cuaca ekstrim, red) akan selalu tetap ada setiap saat,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji, kepada Harianhaluan.com. (h/isr)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]