Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU


Rabu, 11 Januari 2017 - 12:55:35 WIB
Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU Dokumentasi Haluan

PADANG, HALUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar belum bisa memastikan terkait dengan adanya pembangunan shelter dan tambahan jalur evakuasi tsunami yang baru. Mengingat hingga saat ini BPBD Sumbar masih menunggu tim dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terkait pembangunan tersebut.

 

Baca Juga : Usai Libur Lebaran, Pusat Perbelanjaan Plaza Andalas Mulai Sepi Pengunjung

“Pembangunan shelter dan jalur evakuasi ini langsung dari Kementerian PU. Jadi dia yang akan datang untuk survey ke kita dimana akan dibangun shelter dan penambahan jalur evakuasi lainnya. Biasanya baru akan sampai di Sumbar kalau tidak awal tahun ini Bulan Maret kemungkinan,” ungkap Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbar, Rumainur, kepada Haluan Selasa (10/1), malam di Padang.

 

Baca Juga : Sebagai Peserta JKN-KIS Adalah Kebutuhan Wajib Bagi Usia Lanjut

Dilanjutkannya, kalau pun akan membangun shelter dan jalur evakuasi dengan menggunakan dana APBD Sumbar sangat lah tidak mungkin. “Jadi, anggarannya pusat, kita tunggu tim pusat dulu,” paparnya.

 

Melihat kondisi ini, Pakar Gempa Universitas Andalas (Unand), Badrul Mustafa, menyebutkan, mitigasi bencana di Sumbar harus terus ditingkatkan mengingat Sumbar sangat rawan dengan gempa. Salah satunya dalam alokasi anggaran kebencanaan yang layak untuk kebencanaan di Sumbar.

 

“Saya dengar dana untuk BPBD Sumbar itu kecil tahun ini. Tentu ini akan sangat menjadi masalah ketika kita tinggal di daerah rawan seperti ini. Apakah kita benar-benar siap baik fisik mau pun non fisik,” paparnya kepada Haluan Selasa (10/1).

 

Ke depan lanjutnya, yang harus dilakukan tentu dengan menyiapkan mitigasi bencana yang bagus, apakah itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dengan menyiapkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di daerah.

 

“Kita tinggal di daerah rawan gempa. Artinya gempa dapat datang kapan saja di Sumbar. Apakah itu skala besar atau pun menengah seperti yang terjadi kemarin (Senin, red),” paparnya.

 


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]