Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU


Rabu, 11 Januari 2017 - 12:55:35 WIB
Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU Dokumentasi Haluan

PADANG, HALUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar belum bisa memastikan terkait dengan adanya pembangunan shelter dan tambahan jalur evakuasi tsunami yang baru. Mengingat hingga saat ini BPBD Sumbar masih menunggu tim dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terkait pembangunan tersebut.

 

“Pembangunan shelter dan jalur evakuasi ini langsung dari Kementerian PU. Jadi dia yang akan datang untuk survey ke kita dimana akan dibangun shelter dan penambahan jalur evakuasi lainnya. Biasanya baru akan sampai di Sumbar kalau tidak awal tahun ini Bulan Maret kemungkinan,” ungkap Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbar, Rumainur, kepada Haluan Selasa (10/1), malam di Padang.

 

Dilanjutkannya, kalau pun akan membangun shelter dan jalur evakuasi dengan menggunakan dana APBD Sumbar sangat lah tidak mungkin. “Jadi, anggarannya pusat, kita tunggu tim pusat dulu,” paparnya.

 

Melihat kondisi ini, Pakar Gempa Universitas Andalas (Unand), Badrul Mustafa, menyebutkan, mitigasi bencana di Sumbar harus terus ditingkatkan mengingat Sumbar sangat rawan dengan gempa. Salah satunya dalam alokasi anggaran kebencanaan yang layak untuk kebencanaan di Sumbar.

 

“Saya dengar dana untuk BPBD Sumbar itu kecil tahun ini. Tentu ini akan sangat menjadi masalah ketika kita tinggal di daerah rawan seperti ini. Apakah kita benar-benar siap baik fisik mau pun non fisik,” paparnya kepada Haluan Selasa (10/1).

 

Ke depan lanjutnya, yang harus dilakukan tentu dengan menyiapkan mitigasi bencana yang bagus, apakah itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dengan menyiapkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di daerah.

 

“Kita tinggal di daerah rawan gempa. Artinya gempa dapat datang kapan saja di Sumbar. Apakah itu skala besar atau pun menengah seperti yang terjadi kemarin (Senin, red),” paparnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 September 2019 - 16:43:24 WIB

    Payakumbuh Dapat Tambahan Dana Rp3 M dari Pemprov Sumbar untuk Normalisasi Batang Agam

    Payakumbuh Dapat Tambahan Dana Rp3 M dari Pemprov Sumbar untuk Normalisasi Batang Agam PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan Normalisasi Batang Agam di Kota Payakumbuh mendapatkan tambahan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar sebesar lebih kurang Rp 3 milyar. Dana tersebut ditujukan untuk pembang.
  • Senin, 24 Juni 2019 - 16:37:46 WIB

    Bupati Limapuluh Kota Jawab Polemik Soal Tambahan Belanja Rp 10,7 Miliar

    Bupati Limapuluh Kota Jawab Polemik Soal Tambahan Belanja Rp 10,7 Miliar LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi akhirnya menjawab polemik terkait penambahan belanja pada Tahun Anggaran (TA) 2018. Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sastri Andiko .
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 21:53:25 WIB

    Tambahan Honor Guru SLTA Tak Dibayarkan, DPRD Sumbar Kecolongan

    Tambahan Honor Guru SLTA Tak Dibayarkan, DPRD Sumbar Kecolongan PADANG, HARIANHALUAN.COM- Ketua Komisi V Sumbar Hidayat mengaku kecolongan karena tambahan pembayaran untuk guru honorer SMA dan SMK tidak direalisasikan. Padahal, tambahan tersebut sudah disepakati dan masuk dalam Anggaran P.
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 15:51:08 WIB

    Limapuluh Kota Dapat Tambahan Tenaga Kesehatan

    Limapuluh Kota Dapat Tambahan Tenaga Kesehatan LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Limapuluh Kota, mendapatkan alokasi tenaga kesehatan Penugasan Khusus Individu (NIS). Bupati Irfendi Arbi mengaku sangat bersyukur mendapatkan tambahan tenaga kesehatan dari progra.
  • Senin, 09 Januari 2017 - 09:56:08 WIB

    Sumbar Minta Tambahan Kuota Elpiji

    Sumbar Minta Tambahan Kuota Elpiji PADANG, HALUAN – Meski Pemerintah Pusat telah menutup penyaluran Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 Kg untuk keluarga misikin sejak 2015 lalu, namun Pemprov Sumbar melalui Dinas Energi Sumbse Daya Mineral (ESDM) kembali mengaj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM