Gara-Gara Selfie dengan Paslon Walikota dan Wakil Walikota, 3 Calon KPPS Payakumbuh Dicopot


Jumat, 27 Januari 2017 - 23:22:49 WIB
Gara-Gara Selfie dengan Paslon Walikota dan Wakil Walikota, 3 Calon KPPS Payakumbuh Dicopot ilustrasi/Haluan

PAYAKUMBUH, HALUAN - Dinilai tak netral sebagai penyelenggara pilkada, Tiga orang calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Payakumbuh Selatan, dicopot (batal dilantik, red) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.

 

Pencopotan itu dilakukan dua hari jelang mereka dilantik sebagai KPPS pada 14 Januari lalu.

 

Menurut Ketua KPU, M. Khadafi didampingi Komisioner KPU, Yuzalmon, hal itu dilakukan KPU setelah menerima rekomendasi dari Panwaslih terhadap dugaan keterlibatan KPPS dalam sebuah kegiatan Kampanye, Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2017.

 

“Memang betul, beberapa waktu lalu kita membatalkan pelantikan tiga orang KPPS di Payakumbuh Selatan berdasarkan Rekomendasi dari Panwaslih. Mereka diduga terlibat/ikut dalam kegiatan Kampanye salah satu Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota”. Sebut Khadafi didampingi Yuzalmon, jumat (27/1) di Kantor KPU Payakumbuh.

 

Kedepan, KPU meminta kepada seluruh penyelenggara di semua tingkatan di Payakumbuh untuk benar-benar menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara. Selain itu, kepada masyarakat KPU juga diminta ikut memantau dan melaporkan jika ada penyelenggara yang tidak netral.

 

“Kami juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi Penyelengara Pilkada disemua tingkatan. Sebab kita ingin agar Proses Pilkada bebas dari kepentingan apapun dan siapapun, sehingga hasil Pilkada bisa diterima dan dipercaya”. Tambah Yuzalmon.

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]