70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa


Ahad, 05 Februari 2017 - 19:30:08 WIB
70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini genap berusia 70 tahun. Organisasi yang diinisiasi oleh Lafran Pane ini pada mulanya didirikan pada tanggal 05 Februari 1947 di Yogyakarta.

 

Keberadaan organisasi kemahasiswaan yang berazaskan Islam ini masih relevan dan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia hari ini, ibarat pepatah minang Indak Lakang dek paneh, Indak lapuak dek hujan.

 

“Terbukti bahwa HMI mampu untuk melahirkan generasi pemimpin bangsa yang sadar tentang nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman,” ungkap Ketua LSM Gelaksi Kabupaten Pasaman Barat Idenvi Susanto yang juga Aktifis HMI Cabang Pasaman Barat , Minggu (5/2).

 

Menurutnya, komitmen terhadap nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman yang dimiliki oleh HMI sangatlah kuat.

 

“Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi HMI adalah satu rumah yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan nafas yang Islami,” paparnya.

 

Baginya, sulit dibayangkan jika sekiranya Indonesia tanpa HMI.

 

“Cak Nur lah sebagai tokoh jebolan HMI yang mampu meletakkan pondasi dasar bahwa antara Islam dan Demokrasi selaras tak bertentangan. Dan keduanya bisa bergandengan hidup damai di Indonesia,” jelasnya.

 

Meski usianya tak muda lagi, Ia berharap HMI mampu untuk menjaga komitmen Kebangsaan dan Keislaman sampai kapanpun juga. “Selamat milad HMI ke-70, semoga HMI semakin jaya demi Indonesia yang bahagia,” harapnya. (h/**)

 

Editor : Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:26:36 WIB

    Baznas Pesisir Selatan Bantu Korban Kebakaran Rp70 Juta

    Baznas Pesisir Selatan Bantu Korban Kebakaran Rp70 Juta PAINAN,HALUAN.COM- Empat kepala keluarga (KK) yang rumahnya terkena musibah kebakaran di Kecamatan Bayang dan Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan,  menerima bantuan  dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pessel sebesar.
  • Senin, 18 Maret 2019 - 15:24:46 WIB

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Empat hari jelang helatan adat budaya Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) di Solok Selatan (Solsel) semua pihak ikut 'basitungkin' untuk suksesnya kegiatan pada 22- 24 Maret 2019 tersebut. Sam.
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 11:07:48 WIB

    70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai

    70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri peringatan 70 Tahun Peristiwa Situjuah di lapangan sepak bola Khatib Sulaiman, Jorong Tangah, Nagaro Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, .
  • Ahad, 19 Februari 2017 - 22:10:33 WIB

    Milad ke 70 HMI Pasbar, Gelar Lomba Pidato dan Gerak Jalan

    Milad ke 70 HMI Pasbar, Gelar Lomba Pidato dan Gerak Jalan PASBAR, HALUAN-- Himpunan Mahasiswa (HMI) Cabang Pasaman Barat (Pasbar) peringati Milad Ke 70 dengan berbagai kegiatan, di antaranya gerak jalan santai, lomba pidato dan undian berhadiah. Gerak jalan santai yang diikuti ratus.
  • Selasa, 14 Februari 2017 - 10:12:33 WIB

    70 TKA Beredar di Pasaman Barat

    70 TKA Beredar di Pasaman Barat PASBAR, HALUAN - Setelah dibukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tenaga Kerja Asing (TKA) banyak berkeliaran di perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan sawit. Di Kabupaten Pasaman Barat sendiri tenaga kerja asing ter.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM