70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa


Ahad, 05 Februari 2017 - 19:30:08 WIB
70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini genap berusia 70 tahun. Organisasi yang diinisiasi oleh Lafran Pane ini pada mulanya didirikan pada tanggal 05 Februari 1947 di Yogyakarta.

 

Keberadaan organisasi kemahasiswaan yang berazaskan Islam ini masih relevan dan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia hari ini, ibarat pepatah minang Indak Lakang dek paneh, Indak lapuak dek hujan.

 

“Terbukti bahwa HMI mampu untuk melahirkan generasi pemimpin bangsa yang sadar tentang nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman,” ungkap Ketua LSM Gelaksi Kabupaten Pasaman Barat Idenvi Susanto yang juga Aktifis HMI Cabang Pasaman Barat , Minggu (5/2).

 

Menurutnya, komitmen terhadap nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman yang dimiliki oleh HMI sangatlah kuat.

 

“Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi HMI adalah satu rumah yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan nafas yang Islami,” paparnya.

 

Baginya, sulit dibayangkan jika sekiranya Indonesia tanpa HMI.

 

“Cak Nur lah sebagai tokoh jebolan HMI yang mampu meletakkan pondasi dasar bahwa antara Islam dan Demokrasi selaras tak bertentangan. Dan keduanya bisa bergandengan hidup damai di Indonesia,” jelasnya.

 

Meski usianya tak muda lagi, Ia berharap HMI mampu untuk menjaga komitmen Kebangsaan dan Keislaman sampai kapanpun juga. “Selamat milad HMI ke-70, semoga HMI semakin jaya demi Indonesia yang bahagia,” harapnya. (h/**)

 

Editor : Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]