Di Solsel, Hanya 15 Koperasi Bersertifikat NIK


Rabu, 08 Februari 2017 - 15:02:48 WIB

SOLOK SELATAN, HALUAN - Jumlah koperasi di Solok Selatan (Solsel) sebanyak 131 unit. Sayangnya, dari jumlah itu hanya 15 koperasi sudah memiliki sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) dan Kode Batang (QR Code). Sedangkan jumlah koperasi yang masih aktif  sekitar 65 dan merupakan koperasi tidak aktif sekitar 66 koperasi.

Untuk diketahui, tujuan dari sertifikat NIK dan QR Code supaya secara kelembagaan koperasi bisa diidentifikasi. Disamping bertujuan mendorong terwujudnya kemitraan dengan lembaga lain sehingga memudahkan evaluasi pengembangan koperasi. 

"Rata-rata koperasi bergerak diusaha simpan pinjam. Untuk upaya peningkatan kedepan kita akan melakukan pembinaan dan penyuluhan bagi koperasi. Tapi jika berkaitan dengan permasalahan internal kita juga tidak bisa mengintervensi,"kata Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian Perdagaangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Solsel, Azizah Mutia, Selasa (7/2).

Koperasi yang telah memiliki sertifikat NIK dan QR Code nantinya juga akan mendapat kepercaayaan dalam pengembangan koperasasi terutama terkait bantuan permodalan dari pihak swasta, pemerintah dan lembaga permodalan karena koperasi bisa dikatakan sehat.

Sementara Pengurus koperasi Dharma Wanita (DW), Des Martin mengatakan terkait sertifikat NIK dan QR Code pihaknya belum mengetahui dikarenakan belum ada sosialisasi dari pihak terkait. "Tapi untuk perkembangan koperasi DW terus mengalami peningkatan dengan rutin menggelar Rapat Anggota Tahunan.Anggota hingga saat ini berjumlah sekitar 300 orang," tutupnya. (h/jef)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 November 2019 - 16:03:12 WIB

    MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh

    MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2019, Senin (18/11)..
  • Rabu, 13 November 2019 - 09:04:51 WIB

    Banyak Tambang Ilegal di Sumatera, Bupati Tak Bisa Menindak

    Banyak Tambang Ilegal di Sumatera, Bupati Tak Bisa Menindak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Sumatera Barat menjadi korban penambangan ilegal yang tidak mengindahkan ketentuan lingkungan dan kesehatan. Namun pemerintah setempat tak bisa menindak penam.
  • Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS)..
  • Jumat, 01 November 2019 - 10:27:10 WIB

    Kesenian Tradisional Meriahkan Sosialisasi Bawaslu Pasaman

    Kesenian Tradisional Meriahkan Sosialisasi Bawaslu Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Gelar sosialisasi program pengembangan pengawasan partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, tampilkan kesenian tradisional Minang Kabau, Jumat (1/11)..
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 09:33:53 WIB

    Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019

    Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019 SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Sumatera Barat mendapat pembagian kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 3.521 pada 2019 ini. Untuk Kota Solok mendapat kuota sebanyak 68..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM