Awal Tahun, Sudah 33 Warga Diserang DBD


Jumat, 10 Februari 2017 - 11:00:33 WIB
Awal Tahun, Sudah 33 Warga Diserang DBD ilustrasi

PADANG, HALUAN—Selama bulan Januari 2017, penderita Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kota Padang sebanyak 33 orang.

“Kondisi ini diperparah dengan kondisi cuaca yang tidak stabil, seperti curah hujan yang sangat tinggi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, dr Fery Mulyani pada Haluan, Kamis (9/02)

Dikatakannya ada tiga kecamatan yang setiap bulannya selalu memiliki banyak penderita pasien DBD yakni Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Kuranji dan Padang Timur.

“Hal ini karena, ketiga kecamatan tersebut merupakan daerah endemis untuk penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk ini,” tambahnya.,

Fery Mulyani mengatakan, jumlah penderita DBD untuk Januari 2017 sedikit menurun dibandingkan Januari tahun 2015 lalu.

Pada tahun sebelumnya di bulan yang sama. jumlah penderita DBD sekitar 50 orang dan satu diantaranya meninggal dunia karena penyakit tersebut.

Untuk mengatasi makin maraknya penderita disetiap kecamatan tersebut, DKK mengambil tindakan dengan mengggalakkan program 3M.

Terdiri dari menguras, mengubur, dan menutup barang-barang yang menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk DBD dari genangan air yang ada di lingkungan rumah.

Selain itu, juga akan diadakan penyuluhan mengenai lingkungan bersih dan sehat kepada masyarakat melalui pihak puskesmas dan posyandu sehingga, masyarakat mengetahui dampak yang diakibatkan oleh nyamuk pembawa penyakit menular ini.

Lebih lanjut, Mulyani mengatakan, Jika  Februari ini jumlah penderita DBD semakin bertambah dan tidak mengalami penurunan, maka dilakukan kembali  fogging massal untuk daerah yang endemis penyakit ini.

Namun, ia berharap jumlah penderita semakin berkurang. Agar tercapai hal tersebut, DKK mengimbau masyarakat untuk selalu membersihkan lingkungan rumah, terutama bagian dalam rumah sehingga, tidak terjangkiti oleh penyakit DBD.

“Kesadaran masyarakat dengan kebersihan, dapat mengatasi berkembangnya jentik-jentik nyamuk penyebab penyakit DBD.

Apalagi sekarang cuaca sering berubah, sehingga sangat rentan berkembangnya penyakit ini,” imbau Mulyani kepada seluruh masyarakat. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 April 2020 - 14:13:22 WIB

    Awal Ramadan, Baznas Padang akan Bagikan 20 Ribu Paket Sembako

    Awal Ramadan, Baznas Padang akan Bagikan 20 Ribu Paket Sembako PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Azwar Siri mengapresiasi setiap program yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang. Seperti, gerakan BAZNAS dalam rencana penanganan bagi warga t.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 17:02:28 WIB

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, tidak berapa lama lagi akan dihelat secara serentak. Pasalnya saat ini telah, terlihat baliho para calnon di jalan-jalan, namun demikian pelaksanaan pi.
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 18:11:27 WIB

    Wow..! Gelar Tiga Iven Besar, Kota Padang Bakal Jadi Pusat Kunjungan Awal Tahun Ini

    Wow..! Gelar Tiga Iven Besar, Kota Padang Bakal Jadi Pusat Kunjungan Awal Tahun Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Padang bakal menggelar tiga (3) iven luar biasa yang akan dihelat pada bulan April 2020 nanti. Yakni Festival Bakcang Lamang Baluo, Selaju Sampan, dan Padang Kulineran. Iven i.
  • Rabu, 22 November 2017 - 04:04:00 WIB
    PENGERJAAN SUDAH 80 PERSEN

    Awal Desember Los Ikan Selesai

    Awal Desember Los Ikan Selesai PADANG,HALUAN—Awal Desember diperkirakan pengerjaan los ikan di Pantai Padang, Jalan Samudera selesai. Los tersebut untuk 30 pedagang ikan yang berjualan disepanjang Pantai Padang..
  • Jumat, 01 September 2017 - 01:38:58 WIB

    Awalnya Sebut 10 Km, BMKG Umumkan Gempa Tengah Malam Berkedalaman 59 Km

    Awalnya Sebut 10 Km, BMKG Umumkan Gempa Tengah Malam Berkedalaman 59 Km PADANG, HALUAN -- BMKG akhirnya menerbitkan pers rilisnya di situs resmi mereka www.bmkg.go.id soal gempa dahyat tengah malam yang mengguncang Padang dan sekitarnya. Rilis tersebut menyebutkan kedalaman gempa yang terjadi pa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]