Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman


Senin, 13 Februari 2017 - 08:19:15 WIB
Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman Ratusan tokoh masyarakat mengantarkan almarhum Muslim Kasim ke pemakaman, termasuk putra sulung H Basrizal Koto, Zico Putra Basko. IST/FB

PADANG PARIAMAN, HALUAN-Ratusan tokoh Padang Pariaman dan Sumatera Barat, ikut mensyalatkan dan mengantarkan jenazah H. Muslim Kasim ketempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung Padang Pariaman, Minggu (12/2) sekitar pukul 17.30 wib.

Saat pemakaman tersebut terlihat, anggota DPR RI, Asli Khaidir, Sekda Provinsi Sumbar, Ali Asmar bersama beberapa penjabat Pemprov, anggota DPRD Sumbar, Basrizal Koto beserta keluarga, BUpati Padang Pariaman H. Ali Mukhni, Wakil Bupati Suhatri Bur, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Sekdako Bukit Tinggi Yuen Karnova serta pejabat dan mantan pejabat Pemkab Padang Pariaman dan para tokoh masyarakat Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Saat jenazah dimasukan keliang  kubur, telihat tiga putra almarhum  dengan penuh haru menyambut jenazah yang bapak.

Baca Juga : Berkat Bayar Listrik Awal Bulan, Rika Pun Pergi Umrah

Sebelum almarhum dimakamkan dipemakaman keluarga di Nagari Gadur, sebelum jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Paritmalintang Kecamatan Enam Lingkung. Di rumah duka ini almarhum dilepas secara resmi kepemakaman oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang didampingi oleh BUpati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni, Basrizal Koto dan keluarga almarhum.

Saat lepas jenazah almarhum, Wagub Sumbar, Nasrul Abit mengungkapkan, bukan saja masyarakat Padang Pariaman yang merasakan kehilangan tapi seluruh masyarakat Sumatera Barat. "Almarhum selama lima tahun menjabat sebagai wakil Gubernur, telah banyak berbuat untuk Sumbar. Tentunya dalam memimpin ada kesalahan dan kelalaian yang dilakukan.

Baca Juga : Tanggulangi Pengemis dan Gepeng, Dinsos Kota Padang Berikan Pelatihan Keterampilan

Untuk itu Wagub mengajak seluruh kalangan untuk memberi maaf almarhum. "Kami keluarga besar Pemprov Sumbar, telah terlebih dahulu memberi maaf tersebut", katanya.

Menurut Nasrul Abit, saat kedatangan jenazah almarhum dari Jakarta, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno langsung menyambut kedatangan jenazah almarhum di BIM secara resmi.

Baca Juga : 3.000 Dosis Vaksin Sinovac Sudah Sampai di Dharmasraya

Sementara itu Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni pada Haluan menyampaikan, dengan kepergian almarhum masyarakat Padang Pariaman kehilangan seorang tokoh yang sangat peduli dengan kemajuan pembangunan di Padang Pariaman dan Sumbar.

Dikatakan Bupati, selama mendampingi almarhum  sebagai Wakil Bupati pada priode 2005-2010, banyak motifasi kotifasi yang diberikan untuk membangun daerah dengan baik.

Baca Juga : Menyigi Nagari Sungai Duo Dharmasraya, Nagari Statistik Pertama di Indonesia

Bahkan Ali Mukhni mengaku, pembagunan Padang Pariaman yang telah dan sedang dilakukan saat ini, sebagian besar merupakan buah tangan dari almarhum. "Banyak hasil dari pemikiran almarhum yang saya lanjutkan", akunya.

Dicontohkan, pembangunan kantor Bupati yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh almarhum, pembangunan masjid Agung Syeh Burhanuddin yang juga dimulai pada era almarhum, serta beberapa pembangunan lainya.

"Saya selalu ingat, saat almarhum menjabat Wakil Gubernur, selalu memuji dan memotifasi untuk kemajuan daerah", kenang Ali Mukhni. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]