APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan


Rabu, 22 Februari 2017 - 16:48:52 WIB
APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan

SOLOK SELATAN, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) akan melakukan sidang pengesahan paripurna APBD 2017. Sidang paripurna ini akan dilaksanakan setelah DPRD menerima buku Rancangan APBD yang akan disahkan dari Bupati Pemkab Solok Selatan. Hal ini disebutkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Solsel, Mardiana kepada Haluan, Selasa (21/2).

Menurutnya, buku RAPBD masih menggunakan yang lama atau belum dilakukan perubahan sehingga tidak bisa digunakan. "Dalam buku itu tertuang angka-angka tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misalnya, Dinas Pertanian berapa, Dinas PU berapa dan ada uraiannya tertuang," jelasnya.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Agar tidak terjadi keraguan, lanjutnya, pihak legislatif (DPRD, red) akan mendatangi dan menyampaikan surat resmi dari Ketua DPRD pada Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan agar jelas. “Kita lihat, apakah buku RAPBD itu masih yang lama atau sudah ada perubahannya,” ungkapnya lagi.

Ia menerangkan, sesuai keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solsel pada Jumat,(17/2) malam, pihaknya belum bisa membuatkan pandangan umum fraksi. "Bagaimana saya membuatkan laporan Banggar di Paripurna nanti. Untuk itu kita sampaikan surat resmi agar tidak saling menyalahkan," tandasnya.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Menanggapi hal ini, Sekdakab Solsel, Yulian Efi mengaku kalau pihaknya sudah memberikan buku RAPBD ke legislatif.

“Yang kita bahas RAPBD, jadi buku yang mana lagi yang dimaksud. Dalam pembahasan tentu ada yang salah sehingga perlu di Paripurnakan terlebih dahulu. Paripurna merupakan kesepakatan DPRD," terangnya.

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

Ia mengungkapkan, buku RAPBD kita serahkan ke DPRD dan untuk dibahas bersama-sama sehingga apabila telah final pembahasan itu baru diselesaikan." Jika memang ada ragu bisa dikonsultasikan. Tapi, jika sekedar usulan kita terima tapi yang memutuskan di Paripurna nantinya," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, dari 19 kabupaten dan ko­ta di Sumbar, hanya APBD 2017 Solok Selatan yang belum ditetapkan. Sebelumnya, Komisi Pembe­ran­­tasan Korupsi (KPK) juga menyatakan siap mendampingi Pemerintah Kabu­paten Solok Selatan dalam penyususan APBD 2017 yang belum juga disahkan hingga saat ini, jika disurati secara resmi. (h/jef)

Baca Juga : Dibanding Tahun Lalu, Produksi Jagung di Agam Tahun 2020 Menurun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]