Masih Ada 3 Harimau Berkeliaran di Palembayan


Sabtu, 25 Februari 2017 - 03:03:16 WIB
Masih  Ada 3 Harimau  Berkeliaran  di Palembayan ilustrasi

AGAM, HALUAN -- Masyarakat kecamatan Palembayan menduga masih ada sekitar tiga ekor harimau sumatra yang berkeliaran di hutan daerah mereka, kadang harimau tersebut memasuki perkampungan mencari mangsa ternak piaraan masyarakat.

Dugaan itu berdasarkan suara, jejak dan seringnya ternak warga diganggu harimau, terutama pada perkampungan sekitar hutan lebat di hiliran Batang Sianok, seperti kampung Koto Tinggi, Duku, Paraman dan Marambuang.

Menurut wali nagari Ampek Koto Palembayan,Naswendi, beberapa waktu lalu kambing dan ayam warga di jorong Koto Tinggi ditangkap harimau, dan hingga kini suara harimau sesekali masih terdengar dari hutan sekitar.

Sementara itu Wali nagari Baringin Y Dt Nan Kodoh mengatakan, Rabu(22/2) tiga ekor kerbau milik warga Marambuang nagari Baringin Yeli Gusniar dan Petriana diterkam harimau, dua mati satu masih hidup, pada lokasi kejadian ditemukan jejak "nyiak balang", begitupun cakaran pada tubuh kerbau memang seperti cakaran harimau.

Pada hari bersamaan, seorang warga asal jorong Tantaman nagari III Koto Silungkang bernama Nando dicakar "baribeh" pada bagian kakinya juga di Marambuang, baribeh itu masuk kampung diduga karena ketakutan dengan harimau.

Harimau yang mengganas itu berdasarkan jejaknya berasal dari rimba Saribulan perbatasan dengan Cubadak Lilin Matur dan kejadiannya telah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam. "Kepada masyarakat juga kita ingatkan agar berhati-hati dan tidak membiarkan hewan ternaknya berkeliaran, terutama di malam hari, cuma disayangkan kerbau masyarakat saat ini banyak yang tidak punya kandang"kata wali nagari(h/ks)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:34:11 WIB

    Tanggap Darurat Bencana di Pasaman 14 Hari, Total Kerugian masih Dihitung

    Tanggap Darurat Bencana di Pasaman 14 Hari, Total Kerugian masih Dihitung PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pasaman, menetapkan masa tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor di Nagari Muaro Seilolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan selama 14 hari kedepan. Dimulai sejak 18 Febr.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 14:11:33 WIB

    Tiga Nagari masih Tertinggal di Limapuluh Kota

    Tiga Nagari masih Tertinggal di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya untuk mendorong nagari-nagari yang ada keluar dari status ketertinggalan. Alhasil, sampai tahun ini, dari 79 nagari yang .
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 12:29:34 WIB

    Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana

    Irfendi Arbi Ingatkan Luak Limopuluah Masih Rawan Bencana LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Meski kejadian bencana alam di Kabupaten Limapuluh Kota menunjukan penurunan, namun daerah ini masih terbilang rawan bencana. Menyikapi kondisi ini, semua pihak terkait harus tetap waspada..
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 16:55:43 WIB

    Pelanggar Lalu Lintas di Payakumbuh masih Didominasi Usia Muda

    Pelanggar Lalu Lintas di Payakumbuh masih Didominasi Usia Muda PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Enam hari digelarnya Operasi Zebra Singgalang tahun 2019 di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh, ratusan surat tilang telah dikeluarkan pihak Kepolisian melalui Satuan Lalulintas kepada para pengen.
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:13:31 WIB

    Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter

    Pasaman masih Kekurangan Tenaga Dokter PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pasaman, Dr. Hamdi mengatakan, kabupaten itu masih kekurangan tenaga dokter..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM