Setiap Tahun, 800 Hektare Lahan Pertanian di Sumbar Beralih Fungsi


Selasa, 28 Februari 2017 - 19:31:14 WIB
Setiap Tahun, 800 Hektare Lahan Pertanian di Sumbar Beralih Fungsi Dokumentasi Haluan

PADANG, HALUAN -- Alih fungsi lahan pertanian menjadi perkatoran dan gedung pemerintahan menjadi ancaman produksi pangan di Sumbar. Bahkan diperkirakan 600 hingga 800 Hektare lahan pertanian beralih fungsi jadi bangunan setiap tahunnya di Sumbar.

 

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Holtikultura, Candra, kepada Haluan di Auditorium Gubernuran Sumbar Selasa (28/2), mengatakan, permasalahan akibat alih fungsi lahan ini pada berkurangnya produksi. Itu diperkirakan 800 ton per tahunnya. Diperkirakan 600 - 800 Hektare se-Sumbar percepatan alih fungsi lahannya. Pemanfaatannya berup bangunan kantor dan pemerintahan.

 

"Untuk membendung hal ini diimbangi dengan cara pemanfaatan teknologi di bidang pertanian seperti dengan cara tanam legowo dan pemanfataan teknologi lainnya," paparnya.

 

Untuk alih fungsi lahan itu paling cepat di kota, seperti Kota Padang, Sawahlunto, Bukittingi dan kota lain.di Sumbar.

 

"Kalau untuk kabupaten itu relatif kecil," imbuhnya.

 

Selain itu kata Candra, tahun ini juga akan masih dilanjutkan program cetak sawah baru. Dimana kontrak tahap pertama seluas 451 Hektare dengan target 650. Kuota ini jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu juga tidak jauh berbeda dimana terealisasi 601 Hektare dari target 675 Hektare.

 

Daerah sebarannya mulai dari Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok Selatan, Dharmasraya, Sijunjung, dan Kota Solok.

 

Dimana luas di Limapuluh Kota dan Agam mencapai hingga 100 Hektare. Sementara Solok lebih kurang 26. Pasbar baru 26 tapi potensi 200 Hektare, dan daerah lannya di kisaran 50 Hektare.

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 10:55:46 WIB

    Setiap Nagari Waji Publikasikan Data Penerima Bansos Dampak Covid-19

    Setiap Nagari Waji Publikasikan Data Penerima Bansos Dampak Covid-19 Semua nagari di Kabupaten Pesisir Selatan wajib mengumumkan data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dampak Covid-19. Hal itu dilakukan untuk transparansi penerima Bansos. Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Bupati Pesisir Sel.
  • Kamis, 23 April 2020 - 07:26:55 WIB

    Mulyadi: Tempatkan Rapid Test di Setiap Pintu Masuk Sumbar

    Mulyadi: Tempatkan Rapid Test di Setiap Pintu Masuk Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi tak henti-hentinya mengingatkan pemerintah daerah Ranah Minang untuk segera memiliki alat rapid test dengan jumlah yang cukup untuk menangani .
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:48:31 WIB

    Cek Posko Perbatasan Sumbar, Wagub: Setiap Kendaraan Wajib Diberhentikan!

    Cek Posko Perbatasan Sumbar, Wagub: Setiap Kendaraan Wajib Diberhentikan! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menanggapi serius terhadap dampak penyebaran virus corona (Covid-19) masuk ke provinsi itu. Pada hari pertama ditetapkannya menerapkan sistem pembatasan selektif .
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 12:27:45 WIB

    Danau Singkarak Bertambah Luas Setiap Tahun, Ini Penjelasannya!!

    Danau Singkarak Bertambah Luas Setiap Tahun, Ini Penjelasannya!! BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Tim Ahli Pokja Geopark Ranah Minang yang juga menjabat Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) pengurus daerah Sumatra Barat, Dian Hadiyansyah menyebut, Danau Singkarak yang terletak di Kabu.
  • Senin, 11 Maret 2019 - 13:37:16 WIB

    Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari

    Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kondisi keselamatan dalam berlalu lintas di Sumbar semakin mencemaskan. Setidaknya, delapan kasus kecelakaan terjadi setiap harinya di Sumbar. Bahkan, satu hingga dua korban meninggal dunia tercatat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]