Dua Tokoh Ini Mulai Blak-blakan Soal Pilkada Padang


Rabu, 08 Maret 2017 - 10:12:12 WIB
Dua Tokoh Ini Mulai Blak-blakan Soal Pilkada Padang ilustrasi

PADANG, HALUAN Pemilihan Walikota Padang baru akan berlangsung 2018 mendatang. Namun sejumlah partai sudah mulai membidik bakal calon (balon) yang akan diusung, khususnya yang berasal dari internal partai.

 

Seperti halnya DPC PDIP Kota Padang yang mulai membidik sejumlah kader untuk dipersiapkan maju pada pemilihan walikota Padang 2018 mendatang. Namun sejauh ini, Ketua DPC Ketua DPC PDIP Kota Padang Albert Indra Lukman belum mau menyebut nama-nama kader yang tengah dibidik.

 

“Untuk namanya kami internal saja dulu yang tau, baik calon yang dibidik maupun partai yang akan diajak berkoalisi. Karena ini adalah strategi partai kami. Ditakutkan nanti akan timbul berbagai asumsi baik di tengah masyarakat maupun di partai lainnya,” ujarnya.

 

Dikatakan, DPC sudah mulai mempersiapkan berbagai rencana strategis, seperti pemetaan suara, dan langkah-langkah apa yang akan dilakukan nantinya.

 

 “Pada intinya sebagai partai politik yang mengutamakan pengkaderan tentu PDIP akan tetap mengedepankan kader-kader yang potensial yang ada di Padang,” ungkap Albert, Selasa (7/3) saat ditemui di ruangannya.

 

Namun begitu, jika secara internal PDIP tidak mampu mengirimkan kadernya maka partai akan mencoba membidik (menyeleksi) tokoh-tokoh dari luar partai. “Langkah-langkah untuk menghadapi pilkada 2018 mendatang sudah dipersiapkan dari sekarang, dan lagi ini salah satu instruksi dari DPP untuk bisa memenangkan di Padang,” ulasnya.

 

Ia juga mengatakan, sebelumnya DPP juga sudah memberikan instruksi pada semua daerah khususnya untuk Kota Padang, salah satu daerah yang minus (kering suara PDIP) agar bisa melakukan prestasi (merebut suara di Padang secara konstitusi).

 

“Kami juga sudah melakukan pembicaraan secara internal dan personal. Partai juga melihat calon yang akan diusung nanti, yang tentunya sesuai dengan keinginan dari masyarakat, dan juga akan dilihat bagaimana latar belakang calon,” ujarnya.

 

Dari Partai Amanat Nasional (PAN), ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi (BPOK) PAN Sumbar Indra Datuak Rajo Lelo optimis maju pada pilkada Padang Oktober 2018. Indra yakin karena sudah mempunyai modal suara dan elektabilitas.

 

Indra menjelaskan, untuk maju di pilkada Padang 2018 ia sudah memiliki modal suara dan kepercayaan dari masyarakat. Salah satunya, terpilih dua periode untuk duduk di DPRD Sumbar menjadi wakil rakyat dari Partai PAN. “Namun begitu, kita juga tidak mau sesumbar. Karena tetap hasil survei nanti yang juga akan menentukan, bagaimana elektabilitas, popularitas, dan kepercayaan masyarakat terhadap saya,” ungkapnya, Selasa (7/3) saat ditemui di ruangannya.

 

Mencalon untuk menjadi walikota Padang, ia sendiri tidak mau asal ikut saja karena memang harus diukur kemampuan dan elektabilitasnya. Begitu juga dengan wakil yang akan mendampinginya nanti, ia tidak mau asal comot saja memilih orang yang akan berdampingan dengannya.

 

“Kami juga harus lihat dulu siapa yang akan berdampingan dengan kita, apakah yang bersangkutan mau dipasangkan dengan saya, apakah yang bersangkutan mempunyai elektabilitas, dan kemampuan untuk memenangkan pilkada ini,” jelasnya.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM