Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan


Jumat, 10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB
Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan Kapolda Sumbar, Brigjend Pol. Fakhrizal, saat melakukan kunjungan di Polres Sawahlunto, Jumat (10/3).(RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat,  Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto,  AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri).

 

Musri tersebut dibentuk untuk memdeteksi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada nagari di Sawahlunto.

 

"Konsep Musri yang melibatkan empat pilar,  Babinsa,  Bhabinkantibmas,  kepala desa dan Ketapatan Adat Nagari (KAN) sebagai model pendeteksian dini penanganan konflik sosial di tengah masyarakat. Karena tidak semua permasalahan harus sampai ke tingkat pengadilan. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah kenapa tidak, " kata Kapolda saat kunjungan kerja di Mapolres Sawahlunto,  Jumat (10/3).

 

Secara umum disebutnya, sutuasi kantibmas di Sumatra Barat cukup kondusif termasuk diwilayah hukum Polres Sawahlunto.  Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja seluruh pihak dalam hal ini Polri yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

 

Dijelaskannya, jajaran Polres Sawahlunto telah memetakan sejumlah titik rawan konflik sosial di beberapa kawasan perbatasan wilayah antar daerah di kota itu. Dan mampu merangkul semua pihak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas akibat perbedaan pendapat oleh beberapa kelompok masyarakat adat terkait batas ulayat dan permasalahan lainnya.

 

Kapolda urang awak ini menekankan kepada seluruh personil yang ada agar terus meningkatkan soliditas, profesionalisme personil, fungsi pengawasan dan kinerja. Selain itu anggota polri harus mampu berkoordinasi dengan baik dan juga mampu melahirkan ide ide kreatif dalam pelaksanaan tugas,  melindungi dan mengayomi masyarakat.

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 September 2020 - 15:16:57 WIB

    Mulai Cuti Pilkada, Ini Harapan Petahana Sutan Riska

    Mulai Cuti Pilkada, Ini Harapan Petahana Sutan Riska HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin apel gabungan terakhir jelang memasuki masa cuti sementara untuk mengikuti dan melaksanakan tahapan Pilkada sebagai calon kepala daerah pada kontesta.
  • Jumat, 25 September 2020 - 13:26:51 WIB

    Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis

    Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis HARIANHALUAN.COM - Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Seminggu sebelumnya, juga ada kunjungan dari Inspektorat Kabupaten Musi Raw.
  • Kamis, 24 September 2020 - 09:40:54 WIB

    Kekurangan Alat dan Personil, BPBD Pesisir Selatan Kewalahan Hadapi Banjir

    Kekurangan Alat dan Personil, BPBD Pesisir Selatan Kewalahan Hadapi Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu (23/9) kemarin membuat Kabupaten Pesisir Selatan dikepung banjir. Banjir yang terjadi dengan intensitas air sedang sekitar 50 centimeter hingga.
  • Selasa, 22 September 2020 - 21:35:42 WIB

    Bupati Hendrajoni Resmikan SD IT Mardhatillah Yayasan Cahaya Linggo Madani

    Bupati Hendrajoni Resmikan SD IT Mardhatillah Yayasan Cahaya Linggo Madani HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Mardhatillah Yayasan Cahaya Linggo Madani yang baru berdiri sejak dua bulan lalu di Kampung Koto Panai Air Haji, Kecamatan Lin.
  • Ahad, 13 September 2020 - 17:09:08 WIB

    Hari Ini, Ada Tambahan Dua Kasus Positif Covid-19 di Pessel

    Hari Ini, Ada Tambahan Dua Kasus Positif Covid-19 di Pessel HARIANHALUAN.COM - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan kembali bertambah. Per Minggu (13/9/2020, dua orang wanita berusia 43 tahun dan 22 tahun dilaporkan terkonfirmasi positif. Kedua pasien pun.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]