Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan


Jumat, 10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan Kapolda Sumbar, Brigjend Pol. Fakhrizal, saat melakukan kunjungan di Polres Sawahlunto, Jumat (10/3).(RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat,  Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto,  AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri).

 

Musri tersebut dibentuk untuk memdeteksi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada nagari di Sawahlunto.

 

"Konsep Musri yang melibatkan empat pilar,  Babinsa,  Bhabinkantibmas,  kepala desa dan Ketapatan Adat Nagari (KAN) sebagai model pendeteksian dini penanganan konflik sosial di tengah masyarakat. Karena tidak semua permasalahan harus sampai ke tingkat pengadilan. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah kenapa tidak, " kata Kapolda saat kunjungan kerja di Mapolres Sawahlunto,  Jumat (10/3).

 

Secara umum disebutnya, sutuasi kantibmas di Sumatra Barat cukup kondusif termasuk diwilayah hukum Polres Sawahlunto.  Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja seluruh pihak dalam hal ini Polri yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

 

Dijelaskannya, jajaran Polres Sawahlunto telah memetakan sejumlah titik rawan konflik sosial di beberapa kawasan perbatasan wilayah antar daerah di kota itu. Dan mampu merangkul semua pihak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas akibat perbedaan pendapat oleh beberapa kelompok masyarakat adat terkait batas ulayat dan permasalahan lainnya.

 

Kapolda urang awak ini menekankan kepada seluruh personil yang ada agar terus meningkatkan soliditas, profesionalisme personil, fungsi pengawasan dan kinerja. Selain itu anggota polri harus mampu berkoordinasi dengan baik dan juga mampu melahirkan ide ide kreatif dalam pelaksanaan tugas,  melindungi dan mengayomi masyarakat.

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Maret 2019 - 18:37:46 WIB

    Bupati Hendrajoni: Jangan Ada Pungli Dalam Pengurusan Sertifikat Tanah

    Bupati Hendrajoni: Jangan Ada Pungli Dalam Pengurusan Sertifikat Tanah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menegaskan kepada seluruh wali nagari di daerah itu jangan melakukan praktik pungutan liar (Pungli) terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN y.
  • Senin, 18 Maret 2019 - 15:24:46 WIB

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Empat hari jelang helatan adat budaya Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) di Solok Selatan (Solsel) semua pihak ikut 'basitungkin' untuk suksesnya kegiatan pada 22- 24 Maret 2019 tersebut. Sam.
  • Jumat, 15 Februari 2019 - 02:14:53 WIB

    Diresmikan Sabtu Malam, Jam Gadang Bukittinggi Kembali Dibuka

    Diresmikan Sabtu Malam, Jam Gadang Bukittinggi Kembali Dibuka BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Hapir 7 bulan di pugar dan ditutup untuk umum, kawasan revitalisasi taman pedestrian Jam Gadang kembali dibuka. Hal ini sehubungan  dengan telah rampungnya pekerjaan revitalisasi tersebut..
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 10:23:40 WIB

    Di Padang Pariaman, Lahan Kakao Berkurang 40 Persen

    Di Padang Pariaman, Lahan Kakao Berkurang 40 Persen PADANGPARIAMAN, HALUAN-- Luas tanaman kakao di Kabupaten Padangpariaman diperkirakan berkurang 40 persen. Sebelumya, pada masa jayanya, kakao atau tanaman coklat mencapai luas 17.781 hektare yang tersebar di 17 kecamatan. Ber.
  • Kamis, 24 Januari 2019 - 12:10:20 WIB

    Polres Mentawai Rawat Rumah Ibadah

    Polres Mentawai Rawat Rumah Ibadah MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Polres Kepulauan Mentawai melalui Sat Bimas berencana akan membantu perawatan dua rumah ibadah yakni satu masjid dan gereja yang berlokasi di Desa Sido Makmur, Kecamatan Sipora Utara. Anggaran p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM