Nagari Situmbuak Danai Siswa untuk 'Barandai'


Selasa, 14 Maret 2017 - 08:25:27 WIB
TANAH DATAR, HALUAN - Sanggar Satumpuak Ampek Jurai melatih 30 orang siswa untuk main randai. Di antara siswa yang terdiri dari tingkat pendidikan SLTP dan SMA tersebut berasal satu nagari yaitu dari Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung.
 
Dalam pelaksanaan pembinaan tersebut, awalnya didanai oleh Walinagari Situmbuak sebesar Rp.10 juta, itu berlangsung pada Juli 2016 lalu, dengan harapan nagari dapat melakukan pembinaan kepada generasi mudanya.
 
"Agar pembinaan terhadap anak anak tidak putus di tengah jalan, akhirnya keberlangsungan operasional Sanggar Satampuak Ampek Jurai ini disokong pendanaannya oleh perantau asal Nagari Situmbuak yang tergabung dalam IKPS Jakarta di bawah pengurus Muyendri, Helmi Chaniago, Nofriadi, Astri Yeni, Imral dan Afrius Indra," ungkap Ketua Sanggar Oktavianto kepada Haluan, Senin (13/3) di Salimpauang.
 
Dikatakan, keberadaan sanggar yang membina generasi muda tersebut juga dipantau langsung oleh tim dari Kominfo Tanah Datar sebagai kelompok informasi masyarakat di KAN Nagari Situmbuak pada hari Sabtu lalu.
 
Dukungan untuk eksistensi sanggar tersebut juga mendapat dukungan dari Ketua KAN dan BPRN serta pemuda Nagari Situmbuak. Hal itu terlihat dalam setiap latihan yang lakukan di gor bulutangkis Situmbuak setiap sabtu malam selalu ramai disaksikan oleh masyarakat.
 
Pengurus juga mulai mendatangkan tim dari kabupaten untuk melakukan pembinaan kepada sanggar itu, sebelumnya juga telah dilakukan pembinaan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Abrar.
 
Sementara, tim dari Dinas Kominfo  Tanah Datar dibawah pimpinan Erizal Ramli beserta anggota Mustafa Akmal dan Dwita Norfalinda menyampaikan rasa gembiranya melihat semangat anak nagari ikut latihan randai tersebut.
 
"Kegiatan ini sangat positif untuk mencegah anak nagari dari berbagai penyakit masyarakat, terkait dengan kegiatan pembinaan yang dilakukan Kominfo, dalam waktu dekat ini kita akan lakukan kegiatan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), tentu media tradisional ini dapat diman­faat­kan dengan optimal untuk me­nyampaikan pesan dan kesan pada publik," sebut Erizal. (h/fma)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 11:53:15 WIB

    Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat

    Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sepanjang 2019, Bank Nagari Cabang Sawahlunto mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp34 miliar dari target Rp25 miliar. Untuk 2020 Bank Nagari Sawahlunto mengusulkan KUR sebanyak Rp35 .
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:13:41 WIB

    Bupati Sijunjung Lantik 35 Wali Nagari Hasil Pilwana

    Bupati Sijunjung Lantik 35 Wali Nagari Hasil Pilwana SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin melantik 35 Wali Nagari periode 2019-2025 di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (17/10). Mereka adalah Wali Nagari terpilih hasil Pemilihan Wali Na.
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 12:38:11 WIB

    Dukung Wisata Mandeh, IPA Bakal Beroperasi di Nagari Sungai Nyalo

    Dukung Wisata Mandeh, IPA Bakal Beroperasi di Nagari Sungai Nyalo PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau Kabupaten Pesisir Selatan, bakal mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang baru saja dibangun di Nagari Sungai Nyalo Mudiek Aie, Kecamatan.
  • Selasa, 12 Maret 2019 - 00:02:36 WIB

    Bupati Pessel: Wali Nagari Jangan Berpoligami Kasihan Istri Pertama

    Bupati Pessel: Wali Nagari Jangan Berpoligami Kasihan Istri Pertama PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, menegaskan kepada seluruh wali nagari di daerah itu jangan berpoligami atau melakukan nikah sirih dengan perempuan lain. .
  • Kamis, 22 November 2018 - 12:18:51 WIB

    100 Pohon Ditanam di Nagari Silokek

    100 Pohon Ditanam di Nagari Silokek SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Sijunjung tak henti-hentinya dilanda bencana. Untuk mencegah erosi dan bencana longsor tersebut, jajaran Kodim 0310/SS dibawa komando Dandim 0310/SS, Letkol Inf Irvan Yusri, SIP bersama.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM