Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB


Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB

PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akibar banjir bandang akhir pekan lalu.

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno jjembatan yang rusak tersebut merupakan jalan strategis provinsi karna berada di lingkar timur Kota Padang untuk menyambungkan masyarakat sekitar. Sehingga perbaikan jembatan itu sudah masuk dalam program pemerintah.

Namun diungkapkannya, program yang direncanakan mengunakan dana provinsi dalam pembanguan tiga jembatan di kawasan Lubuk Kilangan tersebut terhenti dan hanya menyelesaikan dua jembatan. Akibatnya, jembatan beringin yang kini rusak parah tidak bisa dianggarkan melalui dana provinsi.

“Hal itu sehubung dengan adanya usul edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) dan PPU tidak ada lagi istilah jalan pembatang strategis provinsi. Jadi demikian jembatan ini dijadikan kembali masuk dalam jalan Kota, dengan kondisi itu, dana APBD Kota/Kabupaten tidak bisa disumbangkan,” jelas Gubernur.

Hal yang sama diungkapkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, saat pihaknya telah menggelar rapat bersama BPBD dan PU untuk mencari jalan keluar sementara dalam proses pembangunan jembatan beringin tersebut. 

“Kita sudah merencanakan adanya jembatan sementara, itu akan pasti kita lakukan karna mobilitas masyarakat banyak mengunakan jembatan ini, apalagi para anak-anak kita yang pergi sekolah," katanya. (h/mg-ina)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juli 2019 - 22:53:51 WIB

    Pantai Padang Dibangun Dinding Laut agar Tidak Tergerus Ombak

    Pantai Padang Dibangun Dinding Laut agar Tidak Tergerus Ombak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Terkait bangunan di tepi Pantai Padang, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kawasan Pantai Padang merupakan kawasan khusus. Sedangkan untuk dampak dan kemungkinan gerusan ombak di K.
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 23:05:34 WIB

    Tingkatkan Pelayanan, Pemko Padang Bangun 7 Kantor Camat dan Lurah Tahun Ini

    Tingkatkan Pelayanan, Pemko Padang Bangun 7 Kantor Camat dan Lurah Tahun Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tahun 2019 akan ada pengerjaan untuk tujuh kantor pemerintahan di Kota Padang yang akan dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang. .
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:26:23 WIB

    Mahyeldi: Pembangunan ‘Ring Road’ Kawasan Timur Sudah Mendesak

    Mahyeldi: Pembangunan ‘Ring Road’ Kawasan Timur Sudah Mendesak PADANG,HARIANHALUAN.COM– Pemerintah Kota Padang memacu pembangunan “Padang Ring Road” kawasan timur yang melintasi wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan, Pauh, Kuranji dan Koto Tangah. Selain pembangunan jalan, kelanjutan pe.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 23:40:59 WIB

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan, Pemko Padang menargetkan membangun 500 ruang kelas baru dalam lima tahun masa jabatan. Hal ini untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan dapat mela.
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 19:58:12 WIB

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengurus perkumpulan perantau Solok Saiyo Sakato (S3) Sumbar terus meningkatkan sinergisitas dengan Pemko Padang. Hal tersebut dilakukan, untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka melancark.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM