Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB


Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akibar banjir bandang akhir pekan lalu.

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno jjembatan yang rusak tersebut merupakan jalan strategis provinsi karna berada di lingkar timur Kota Padang untuk menyambungkan masyarakat sekitar. Sehingga perbaikan jembatan itu sudah masuk dalam program pemerintah.

Namun diungkapkannya, program yang direncanakan mengunakan dana provinsi dalam pembanguan tiga jembatan di kawasan Lubuk Kilangan tersebut terhenti dan hanya menyelesaikan dua jembatan. Akibatnya, jembatan beringin yang kini rusak parah tidak bisa dianggarkan melalui dana provinsi.

“Hal itu sehubung dengan adanya usul edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) dan PPU tidak ada lagi istilah jalan pembatang strategis provinsi. Jadi demikian jembatan ini dijadikan kembali masuk dalam jalan Kota, dengan kondisi itu, dana APBD Kota/Kabupaten tidak bisa disumbangkan,” jelas Gubernur.

Hal yang sama diungkapkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, saat pihaknya telah menggelar rapat bersama BPBD dan PU untuk mencari jalan keluar sementara dalam proses pembangunan jembatan beringin tersebut. 

“Kita sudah merencanakan adanya jembatan sementara, itu akan pasti kita lakukan karna mobilitas masyarakat banyak mengunakan jembatan ini, apalagi para anak-anak kita yang pergi sekolah," katanya. (h/mg-ina)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Maret 2019 - 13:10:26 WIB

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Padang Economic Conference (PEC) 2019 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Dr. Iskandar Simorangkir, di Hotel Grand Inna, Padang..
  • Rabu, 27 Februari 2019 - 12:20:00 WIB

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Rencana tersebut saat ini sedang dalam pemb.
  • Kamis, 31 Januari 2019 - 15:04:06 WIB

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang melalui anggaran provinsi akan membangun retarding bansin atau kolam retensi guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Padang. Retarding Bansin ini berguna untuk menampung debit huja.
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 15:26:41 WIB

    Bangun Drainase Jalan Lingkung, DPRKPP Anggarkan Rp6,56 Miliar

    Bangun Drainase Jalan Lingkung, DPRKPP Anggarkan Rp6,56 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Padang mendapatkan anggaran Rp6,56 milliar untuk pembangunan drainase lingkungan pada tahun 2019 ini..
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 11:19:20 WIB

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang hendaknya menginventarisir gedung-gedung tua bersejarah. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Surya Djufri Bitel, Senin (7/1) mengatakan, pemerintah untuk mendata bang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM