Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB


Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB

PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akibar banjir bandang akhir pekan lalu.

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno jjembatan yang rusak tersebut merupakan jalan strategis provinsi karna berada di lingkar timur Kota Padang untuk menyambungkan masyarakat sekitar. Sehingga perbaikan jembatan itu sudah masuk dalam program pemerintah.

Namun diungkapkannya, program yang direncanakan mengunakan dana provinsi dalam pembanguan tiga jembatan di kawasan Lubuk Kilangan tersebut terhenti dan hanya menyelesaikan dua jembatan. Akibatnya, jembatan beringin yang kini rusak parah tidak bisa dianggarkan melalui dana provinsi.

“Hal itu sehubung dengan adanya usul edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) dan PPU tidak ada lagi istilah jalan pembatang strategis provinsi. Jadi demikian jembatan ini dijadikan kembali masuk dalam jalan Kota, dengan kondisi itu, dana APBD Kota/Kabupaten tidak bisa disumbangkan,” jelas Gubernur.

Hal yang sama diungkapkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, saat pihaknya telah menggelar rapat bersama BPBD dan PU untuk mencari jalan keluar sementara dalam proses pembangunan jembatan beringin tersebut. 

“Kita sudah merencanakan adanya jembatan sementara, itu akan pasti kita lakukan karna mobilitas masyarakat banyak mengunakan jembatan ini, apalagi para anak-anak kita yang pergi sekolah," katanya. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 20:44:49 WIB

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT Angkasa Pura lI Bandara Internasional Minangkabau tergerak hati menyerahkan bantuan di saat mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Bantuan diserahkan kepada Pemerintah Kota Padang, Rabu (1/4/2020)..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:06:46 WIB

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mencarikan jalan keluarnya. Solusi jangka pendek, pada tahun ini menganggarkan 1 lokasi kubus apung yang .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 18:11:58 WIB

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi menyatakan perencanaan pembangunan diharapkan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat ini. Namun j.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 23:12:16 WIB

    Warga Berharap Pemko Segera Bangun SMP di Padang Sarai

    Warga Berharap Pemko Segera Bangun SMP di Padang Sarai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mendengar aspirasi warga melalui Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Inayah Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, baru-baru ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]