Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu?


Rabu, 15 Maret 2017 - 13:17:06 WIB
Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu? Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Fenomena alam Equinox, atau fenomena dalam dunia astronomi bakal melewati beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sumatera Barat. Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa yang terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September.

 

Pada saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian Bumi relatif hampir sama, termasuk pada wilayah subtropis di bagian utara maupun selatan.

 

Sesuai dengan siaran pers BMKG, bahwa Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

 

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana  diketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia adalah sekitar 32-36 oC.

 

Equinox bukan merupakan fenomena seperti heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama (www.bmkg.go.id).

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]