Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu?


Rabu, 15 Maret 2017 - 13:17:06 WIB
Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu? Dokumentasi Haluan
Pada tahun 2017, fenomena ini terjadi pada tanggal 20 - 21 Maret dan 23 September 2017, melintasi beberapa provinsi di wilayah Indonesia mulai dari Ternate, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat dan berakhir di Pulau Telo Sumatera Utara.

 

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

Di wilayah Sumatera Barat, fenomena ini akan melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat. Di wilayah Sumatera Barat, Matahari mulai kontak dengan garis khatulistiwa pada tanggal 20 Maret 2017 mulai pukul 10:51 WIB dan mulai meninggalkan garis khatulistiwa pada tanggal 21 Maret 2017 pukul 16:39 WIB.

 

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

Perayaan Fenomena Equinox Di kabupaten Pasaman Sumatra Barat

 

Baca Juga : Sudah 49 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Teridentifikasi Oleh Tim DVI

Sudah menjadi agenda tahunan dalam meningkatkan pariwisata provinsi Sumatra Barat, khususnya oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman. Perayaan Equinox sering disebut dengan perayaan Titik Kulminasi.

 

Baca Juga : Baru Sepekan, Gunung Merapi Semburkan 19 Kali Awan Panas

Pada tahun 2016 fenomena Equinox ini dirayakan di Provinsi Sumatra Barat, tepatnya di garis khatulistiwa yakni kabupaten Pasaman. Perayaan ini di ikuti oleh Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata kabupaten Pasaman. 

 

Saat Perayaan, Stasiun Geofisika Padang Panjang melakukan pengamatan sinar Matahari menggunakan alat yang disebut Camble Stock. Perayaan fenomena Equinox ini merupakan salah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatra barat yang diadakan tiap tahun.

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]