Pascabanjir Bandang, di Padang, Kontainer Disulap Jadi Jembatan


Rabu, 15 Maret 2017 - 19:29:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pascabanjir Bandang, di Padang, Kontainer Disulap Jadi Jembatan 3. Sejumlah anak sekolah tengah melintasi jembatan darurat yang menghubungkan Kampung Sawah, Kelurahan Baringin, dengan Kampung Pulau, Kelurahan Koto Lalang, Rabu (15/3). Jembatan darurat ini dibangun oelh TRC Semen Padang karena Jembatan Utama putus di terjang banjir. (huda putra)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Warga Kampung Sawah, Kelurahan Baringin, Lubuk Kilangan akhirnya dapat bernafas lega. Pasalnya akses jalan menuju Kampung Pulau, Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan yang sebelumnya terputus karena jembatan penghubung di terjang banjir beberapa saat lalu, kini telah bisa kembali dilalui.

 

Pantauan Harianhaluan,com, Rabu (15/3) di lapangan, tampak sejumlah potongan kontainer telah berjejer di badan sungai tersambung menjadi satu. Kendatipun belum sepenuhnya rampung, jembatan darurat yang dibangun oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang ini sudah bisa dilalui warga yang ingin beraktivitas.

 

"Saat ini yang terpenting, akses masyarakat sudah bisa berjalan normal. Sehingga tidak harus jauh memutar atau menyebrangi sungai langsung. Namun ini masih belum sepenuhnya rampung. Nanti jembatan ini akan kita pasang plat sehingga motor juga bisa melintas," ungkap Darmiza, Kepala Pelaksana Teknis Pembagunan Jembatan Darurat

 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pembangunan jembatan darurat ini sengaja menggunakan kontener karena lebih cepat dan efisien, tanpa mengabaikan hal teknis,

 

"Waktu jembatan ini terputus kita langsung berkordinasi bagaimana agar jembatan darurat cepat tersedia, dan kita akhirnya gunakan kontener yang ada diindarung enam, lalu di potong-potong dan kita susun menjadi jembatan." terangnya.

 

Medan yang cukup berat menjadi salah satu kendala pihaknya mengerjakan pembangunan jembatan darurat ini,

 

"Kami mulai sudah pengerjaan dari senin, namun benar-benar efektif hari selasa karena alat kita sebelumnya digunakan untuk membantu kolam warga di kawasan tarantang. Lalu mesin excavator kita juga beberapakali rusak," terangnya.

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 14 Oktober 2018 - 19:32:39 WIB
    SEMEN PADANG SALURKAN  BANTUAN SEMBAKO

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM- Pascabanjir melanda sebagian Kecamatan di Kabupaten Pasaman, perekonomian masyarakat terancam lumpuh. Sebab, selain rumah digenangi banjir, ratusan hektar lahan pertanian, perkebunan dan kolam ikan .
  • Jumat, 14 September 2018 - 17:57:56 WIB

    Pascabanjir Solok, Dinkes Lakukan Fogging dan Bagikan Bubuk Abate

    Pascabanjir Solok, Dinkes Lakukan Fogging dan Bagikan Bubuk Abate AROSUKA, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Solok melakukan fogging di rumah warga dan Fasum terdampak banjir yang melanda dua nagari di Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok, beberapa pekan lalu. Fogging.
  • Jumat, 15 September 2017 - 15:58:21 WIB

    Pascabanjir Bandang di Solsel, Satu Unit PLTMH Hilang Terseret Lumpur

    Pascabanjir Bandang di Solsel, Satu Unit PLTMH Hilang Terseret Lumpur SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Jorong Batang Lolo Atas, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) lenyap dibawa arus sungai.
  • Jumat, 25 Agustus 2017 - 18:40:40 WIB

    Pascabanjir Bandang, Pemkab Limapuluh Kota Tetapkan Tanggap Darurat 6 Hari

    Pascabanjir Bandang, Pemkab Limapuluh Kota Tetapkan Tanggap Darurat 6 Hari LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Satu hari pascabencana banjir bandang yang melanda 3 Jorong di Nagari Balai Panjang dan 1 jorong di Nagari Batupayuang. Pemkab Limapuluh Kota menetapkan status tanggap darurat, 6 hari ke dep.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM