Petani Pasbar Diminta Waspadai Pupuk Oplosan


Senin, 20 Maret 2017 - 10:58:09 WIB
Petani Pasbar Diminta Waspadai Pupuk Oplosan Petugas kepolisian di Semarang mengamankan pupuk Oplosan. Kini di Pasaman Barat, pemerintah sudah meminta petani untuk waspada dengan pupuk oplosan

PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengingatkan petani untuk mewaspadai pupuk oplosan, kendati saat ini peredarannya belum ada yang terungkap.

"Meskipun saat ini belum ada yang terungkap, petani tetap harus hati-hati dan waspada karena saat ini sudah musim tanam padi," tutur Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Pasaman Barat, Memizesmita kepada Haluan, Minggu (19/3).

Memizesmita mengatakan, petani harus bisa membedakan mana pupuk yang asli dan mana yang oplosan. Secara kasat mata, sebutnya, pupuk oplosan ini mirip dengan aslinya. Namun, ada perbedaan yang bisa ditemukan.

"Butiran pupuk oplosan yang jika diremas akan langsung hancur. Pupuk oplosan juga disebut mudah larut dalam air sementara pupuk asli jika dimasukkan ke dalam air akan mengendap sementara," katanya.

Memizesmita menyebutkan, petani juga harus bisa membedakan warna pupuk. Jangan mudah tertipu dengan warna yang menarik saja.

"Kalau petani ragu, bisa dikoordinasikan dengan dinas terkait atau petigas lapangan sebelum digunakan. Dampaknya tentu beragam sampai produktivitas menurun nantinya," katanya.

Apalagi Pasaman Barat saat ini sedang melakukan penanaman padi serentak di 11 kecamatan yang ada seluas 435 hektare.

Memizesmita juga menjelaskan, tanam padi serentak tersebut dilakukan untuk me­motivasi petani untuk ber­cocok tanam dengan baik sehingga target swasembada pangan nasional akan lebih cepat tercapai dengan cepat.

"Kami berkomitmen terus meningkatkan produksi padi dalam rangka menjamin swasembada pangan dan mendukung program upaya khusus peningkatan pangan. Untuk 2017 kami sudah menargetkan luas tanam bertambah sekitar 6.612 hektare," ujarnya. (h/mg-idn)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:38:12 WIB

    Petani Kopi Hiliran Gumanti Terima Bantuan Traktor

    Petani Kopi Hiliran Gumanti Terima Bantuan Traktor AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Mendorong peningkatan produksi kopi di Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, pemerintah daerah setempat menyerahkan bantuan traktor untuk kelompok tani kopi, guna membantu pengolahan tanah .
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:10:37 WIB

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 30 orang petani kopi arabika Nagari Kajai mengikuti Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) selama 7 minggu di Jorong Timbu Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat (Pas.
  • Jumat, 15 Desember 2017 - 12:07:40 WIB

    Petani Agam Tanam Perdana 2.250 Batang Manggis

    Petani Agam Tanam Perdana 2.250 Batang Manggis AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Kelompok tani (Poktan) Alai-Alai Indah nagari Sitalang kecamatan Ampek Nagari melakukan penanaman perdana 2.250 batang bibit manggis unggul pada lahan seluas 15 hektare Kamis, (14/12). .
  • Rabu, 20 September 2017 - 21:34:29 WIB

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Pundi Sumatera sejak 2012 telah mulai lakukan pemberdayaan terhadap petani di Jorong Simancuang dan Jorong Simancuang Karang Hitam, Alam Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel). Pemberdayaan ini ber.
  • Kamis, 07 September 2017 - 22:55:45 WIB

    Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan

    Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 72 unit dari enam item pada Pemkab Solok Selatan (Solsel) melalui Dinas Tanaman.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM