Pembobol Rumah Divonis 34 Bulan


Jumat, 24 Maret 2017 - 10:36:39 WIB
Pembobol Rumah Divonis 34 Bulan Ilustrasi. Haluan

PADANG, HALUAN – Setelah menjalani serangkaian persidangan, Adi Suryaman (25), terpidana kasus pencurian rumah kosong di Dusun Tei Tei Sinabak,

 

Kecamatan Siberut Mentawai pada 13 November 2016 lalu, divonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang selama 2 tahun dan 10 bulan kurungan penjara. Terpidana dinilai secara sah melanggar Pasal 363 KUHP tentang pencurian.

 

Putusan tersebut dibacakan majelis hakim yang diketuai Anggiat dengan hakim anggota Lifiana Tanjung dan Nasorianto, Kamis (23/3). Vonis yang dijatuhkan hakim lebih ringan dua bulan dibanding tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tua Pejat, yang menuntut terpidana dengan kurungan penjara selama tiga tahun.

 

“Demikian vonis untuk saudara. Saudara punya hak untuk menyatakan banding, menerima, atau pun pikir-pikir atas putusan tersebut,” kata hakim yang dijawab oleh terpidana dengan berpikir-pikir selama seminggu ke depan untuk menerima atau menolak putusan.

 

Dalam berkas dakwaan Aldi Nanda Rijasa selaku JPU, dijelaskan bahwa sebelum waktu kejadian, terpidana melewati rumah korban, dan melihat kondisi rumah dalam keadaan kosong.

 

Melihat kondisi itu, terpidana bersiasat mencongkel jendela untuk masuk ke rumah. Dalam aksinya, terpidana berhasil menggondol uang tunai senilai Rp5 juta, serta emas sebanyak 38 emas.

 

Di persidangan sebelumnya, jaksa telah menghadirkan saksi-saksi dalam kasus pencurian yang terjadi pada 13 November 2016 tersebut. Di antara saksi yang dihadirkan adalah Rian Buntom dan Risma Mauli, pasangan suami istri (pasutri) yang menjadi korban dalam kasus tersebut.

 

Saat kejadian, kedua saksi mengaku tengah ke gereja untuk melaksanakan ibadah. Namun, saat kembali ke rumah, saksi mendapati salah satu jendela rumah mereka sudah bobol. Dan saat saksi mengecek barang-barang berharga, diketahui bahwa uang mereka senilai Rp5 juta, serta perhiasan sebanyak 38 emas telah raib. (h/isq)

 

Editor : Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Juli 2016 - 19:12:26 WIB

    Asik Duduk di Warung, Pembobol Rumah Dibekuk Polisi

    Asik Duduk di Warung, Pembobol Rumah Dibekuk Polisi PADANG, HALUAN - Polsek Lubuk Kilangan berhasil menangkap pelaku pencurian spesialis pembobol rumah kosong bernama Ridho Pratama Yendri (22). Warga Pasaman ini berhasil ditangkap di Simpang Mutiara, Kelurahan Padang Besi, Sen.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM