Penerima KIP Bertambah 11 Ribu


Rabu, 05 April 2017 - 09:09:27 WIB

PADANG, HALUAN—Tahun 2017 penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Padang tercatat sebanyak 31 ribu siswa disemua tingkat pendidikan. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Haluan, Selasa (4/04) jumlah penerima  KIP tahun 2015/2016 tercatat sebanyak 20 ribu siswa.  Sebagian besar yang menerima kartu KIP adalah siswa SD.

Operator Program Indonesia Pintar (PIP), Syafri Dayanti mengatakan, tahun ini ada penambahan sekitar 11 ribu siswa yang mendaftar PIP. Bagi siswa yang ingin mendapatkan KIP, mereka tidak lagi harus mengurus melalui kantor kelurahan.

Dayanti mengatakan, syarat penerima KIP saat ini adalah direkomendasikan oleh pihak sekolah. Segala hal yang berkaitan dengan penerima, diatur oleh sekolah sehingga, siswa tidak lagi harus mengurus suat keterangan tidak mampu di kantor kelurahan untuk mendaftar sebagai penerima bantuan KIP.

“Penerima KIP tak lagi harus mengurus surat keterangan miskin di kantor kelurahan, melainkan berdasarlan rekomendasi dari pihak sekolah. Data yang diinput sekolah, akan diproses oleh panitia PIP,” ucapnya.

Lanjutnya, melalui data dapodik yang diinput sekolah, pihak PIP akan memantau berdasarkan data tersebut, jika data sudah diklarifikasi, maka nama-nama yang terdaftar akan diproses hingga  tahap selanjutnya.

Ia mengatakan, varibel peserta didik yang mendapat bantuan KIP sekarang ialah yatim, piatu, yatim piatu dan tinggal di panti asuhan, serta berasal dari kalangan tidak mampu.

“Tahun 2016, bantuan KIP yang telah disalurkan adalah kurang lebih 18 miliar, dengan ketentuan siswa SD/MI mendapat Rp450 ribu pertahun, sebesar Rp750 ribu pertahun bagi siswa SMP/MTs, dan Rp1 juta yang diterima siswa SMA/MA/SMK per tahunnya,” katanya.

Adanya bantuan KIP yang diberikan oleh pemerintah, tujuannya agar sistem pendidikan merata dan menyuluh bagi setiap kalangan. Sehingga pendidikan di Kota Padang semakin lebih baik lagi ke depannya. (h/mg-eby)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]