Bangunan Inpres III Tuntas November


Selasa, 11 April 2017 - 09:23:58 WIB

PADANG, HALUAN – Belum sempurnanya penyelesaian basement, lantai 1, dan lantai 2 Gedung Inpres III, membuat penggunaannya baru bisa difungsikan pada Mei 2017. Atas kenyataan itu, para pedagang yang bakal mengisi sebagian gedung tersebut masih harus menunggu. Sementara untuk keseluruhan bangunan Inpres III, diprediksi tuntas November 2017.

Salah seorang pedagang di Inpres III Pasar Raya Padang yang saat ini masih berjualan di Jalan Sandang Pangan, Imar (46), mengatakan bahwa dirinya selalu menunggu penataan dan pemindahan pedagang. Informasi yang dia ketahui, pemindahan akan dilakukan secepat mungkin.

“Kami para pedagang masih menunggu sampai gedung siap dan kami dipindahkan. Kami juga tidak ingin tergesa-gesa asalkan gedung bisa sempurna dan aman dipakai untuk aktivitas perdagangan,” terangnya pada Haluan, Senin (10/4). 

Imar juga berharap, saat pemindahan dan penataan dilakukan, diiringi dengan proses yang adil, tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. “Kami berharap prosesnya nanti aman dan adil, terutama saat penataan,” harap Imar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Endrizal juga mengaku berharap pembangunan Inpres III cepat selesai, dan penataan segera bisa dilakukan. “Prediksi kami awalnya, penataan bisa dilakukan pada minggu ketiga Bulan April, tapi secara teknis yang mengetahui tentu saja pihak proyek,” tuturnya.

Endrizal juga mengaku telah menginformasikan kepada seluruh pedagang untuk pindah dalam waktu dekat. “Secara umum kami sudah mulai sosialisasi akan ada penataan dan pemindahan secara separuh saja. Sisanya, jika bangunan sudah selesai 100 persen,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Fatriarman Noer, melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Fadelan Fitra Masta, membenarkan bahwa bangunan Inpres III untuk basement, lantai 1, dan lantai 2 baru bisa berfungsi sekitar bulan Mei. Keterlambatan dari target sebelumnya disebabkan aspek enyempurnakan bangunan, supaya bisa digunakan secara baik dan aman.

“Secara keseluruhan bangunan Inpres III selesai November 2017. Namun, untuk basement, lantai 1 dan 2, sudah bisa digunakan sekitar bulan Mei. Agak telat dari perkiraan awal kami. Selebihnya akan difungsikan utuh pada November,” jelas Fadel. 

Fadel juga mengatakan saat ini bangunan telah siap sekitar 87 persen. “Kami harus benar-benar sempurnakan untuk bisa segera difungsikan sebagai tempat aktivitas perdagangan,” pungkasnya. (h/win

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]