Pengurus SKCK di Padang Mendadak Membludak


Rabu, 12 April 2017 - 08:53:21 WIB
Pengurus SKCK di Padang Mendadak Membludak ilustrasi

PADANG, HALUAN - Pengurusan Surat Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Padang membludak dibandingkan hari biasanya.  Hal ini disebabkan adanya pembukaan untuk bintara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri di tahun 2017.

Lebih kurang 150 orang mengantre tiap harinya untuk pengurusan SKCK. Meskipun meningkatnya kepengurusan tersebut, pihak Polresta Padahg memastikan tidak ada Calo dalam antrea tersebut.

"Meskipun membludak, kami pastikan tidak ada calo yang bermain dalam kepengurusan SKCK tersebut," ungkap Kasat Intelkam Polresta Padang, Kompol Alvira, saat ditemui Haluan di ruangannya, Selasa (11/4).

Jika ada masyarakat yang menemukan hal itu, maka pihaknya meminta segera laporkan ke kepolisian agar diambil tindakan tegas.

Disebutkannya, adanya peningkatan dalam pengurusan SKCK tersebut terlihat dari bertambahnya warga yang datang dan mengantre. Jika pada hari biasanya sebelum ada pembukaan Bintara dan Polri, Polresta Padang hanya melayani sebanyak 40 orang tiap hari. Tetapi, mulai dari awal Februari, pihaknya melayani 100 orang hingga 150 orang setiap hari.

"Biasanya dalam sehari kami melayani sebanyak 40 orang, tetapi sekarang mencapai 150 orang setiap hari," terangnya.

Lanjutnya, dalam kondisi tersebut pihaknya menyatakan tidak ada calo dalam kepengurusan SKCK itu. "Nggak ada lah, ya gimana mau ada Calo orang harus cap sidik jari satu-satu," katanya.

Alvira mengatakan, pelayanan SKCK akan selesai dalam waktu satu hingga dua hari dan setiap pemohon akan dipungut biaya Rp30 ribu sebagai biaya administrasi.

"Setiap pemohon diberikan blanko baik perpanjangan maupun baru. Pemberian blanko hanya sampai pukul 12.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, Riyan (25), seorang pekerja swasta yang sedang mengurus SKCK mengatakan, bahwa pihaknya mengurus SKCK tersebut untuk keperluan yang sangat penting. Ia mengantre bersama ratusan orang lainnya yang juga membuat SKCK di Polresta Padang.

Dari awal pengurusan dirinya melakukan sendiri tanpa di bantu siapapun. "Saya sendiri yang ngurus, tidak di bantu sama orang. Saya jalani aja prosedur yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Ditanya soal uang pelicin, dirinya mengaku tidak menemukan hal seperti itu, dan dirinya juga tidak mau menempuh jalan curang  tersebut. (h/mg-ina)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]